Advertisement

Ilmu Komunikasi Amikom Menambah Peluang Kerja Sama MBKM

Nugroho Nurcahyo
Kamis, 01 Februari 2024 - 18:07 WIB
Budi Cahyana
Ilmu Komunikasi Amikom Menambah Peluang Kerja Sama MBKM Perwakilan Harian Jogja Efi Nur Baeri (kiri) menerima cendera mata saat Pelepasan Mahasiswa sekaligus pelaksanaan Bimbingan Teknis MBKM Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta yang digelar di Ruang Citra II, Universitas Amikom Yogyakarta, Senin (29/1/2024). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta melepas ratusan mahasiswa untuk mengikuti program Magang Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Melalui program tersebut, pembelajaran mahasiswa di bangku kuliah selama satu semester dikonversi dengan cara belajar langsung secara profesional di industri tempat magang.

Ada 129 mahasiswa yang mengikuti program MBKM. Mereka tersebar di MBKM Mitra Program Studi dan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB). Keduanya sama-sama memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar program studi dengan melakukan konversi sistem satuan kredit semester (SKS), tetapi memiliki pendekatan yang berbeda.

Advertisement

MBKM Mitra Program Studi merupakan hasil kerja sama langsung Program Studi Ilmu Komunikasi Amikom Yogyakarta dengan berbagai industri, sedangkan MSIB adalah industri yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk menggelar program persiapan karir.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Yogyakarta Erik Hadi Saputra berkomitmen membuka lebar kesempatan pada mahasiswa untuk mengikuti MBKM. Oleh karenanya, pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, program studi berusaha menambah mitra untuk dapat bekerjasama.

“Kami berharap industri dan lembaga pendidikan dapat bersinergi, sehingga sama- sama dapat meningkatkan profesionalitas dalam memenuhi kompetensi mahasiswa di dunia kerja,” ujarnya.

BACA JUGA: Satpol PP Jogja Tegur Ribuan Perokok Sembarangan di Malioboro Sepanjang 2023

Beberapa mitra prodi tersebut, di antaranya Radio MQFM, RBTV, Suara.com, Harian Jogja, Republika, dan Radar Jogja. Selain itu, ada juga perusahaan yang bergerak di bidang kreatif, yakni MSV Studio Animasi, Centra Digital Agency, dan CV Yumeda Pangan Sejahtera (Sweet Sundae Ice Cream), serta lembaga pemerintahan Dinas Sosial Pemerintah Daerah DIY.

Pelepasan ratusan mahasiswa MBKM digelar di Ruang Citra II Universitas Amikom Yogyakarta, Senin (29/1/2024). Sejumlah mitra tersebut hadir untuk mengikuti bimbingan teknis.

Rendy Adrikni Sadikin, Kepala Biro Suara.com Jogja dan Nugroho Nurcahyo, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Jogja menyambut positif kerja sama MBKM. Ini merupakan kerja sama MBKM pertama kali yang dilakukan kedua redaksi tersebut. Menurut Rendy, kerja sama MBKM ini merupakan langkah baik dalam mendekatkan dunia industri dengan lembaga pendidikan.

“Mahasiswa adalah pembaca masa depan, sehingga kehadiran mereka yang datang dengan membawa kreatifitas masing- masing membuat produksi media lebih bewarna,” tuturnya.

Sementara, Nugroho menjelaskan Harian Jogja merupakan media cetak yang terbit perdana pada 20 Mei 2008. Seiring perkembangannya, Harian Jogja mengelola media online, beserta media sosial. “Harapan kami dari mahasiswa magang MBKM nantinya muncul ide- ide menarik dalam mengelola media digital,” ungkapnya.

Koordinator Tim MBKM Program Studi Ilmu Komunikasi Amikom Yogyakarta Alvian Alrasid Ajibulloh mengatakan pihaknya juga menyiapkan agar peserta mahasiswa MBKM nantinya dapat lulus tepat waktu. Kerjasama antar mahasiswa dan mitra diharapkan dapat sekaligus berlanjut dalam membuat tugas akhir.

“Misalnya saja mereka bermitra dalam membuat karya, karena prodi memiliki jalur skripsi non reguler yang memungkinkan karya film, dokumenter, konten kreator menjadi tugas akhir,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement