Advertisement

Ditemani Cucu Sultan HB X, Alam Ganjar Berwisata Keliling Kraton Jogja

Yosef Leon
Selasa, 06 Februari 2024 - 16:47 WIB
Arief Junianto
Ditemani Cucu Sultan HB X, Alam Ganjar Berwisata Keliling Kraton Jogja Alam Ganjar bergambar bersama cucu Sri Sultan HB X, Raden Mas Drasthya Wironegoro dan para abdi dalem saat berwisata ke Keraton Jogja, Selasa (6/2/2024). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Alam Ganjar, putera calon presiden nomor urut 03, Ganjar Pranowo berwisata ke kawasan Kraton Jogja pada Selasa (6/2/2024) pagi. Dalam kunjungannya ke salah satu pusat kebudayaan Jogja itu, Alam ditemani oleh cucu Sri Sultan HB X, Raden Mas Drasthya Wironegoro.

Alam tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Dirinya langsung disambut oleh Mas Dasthya anak kedua dari putri sulung Sultan, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi. Didampingi oleh sejumlah abdi dalem meraka lantas masuk ke kompleks Kraton. 

Advertisement

Kurang lebih selama 40 menit Alam menikmati suasana Keraton Jogja dia mengaku terkesan dengan sejumlah barang yang ada di sana. "Tadi ditunjukin beberapa arsip, sempat lihat konservasi juga semacam laboratorium buat konservasi barang-barang Kraton," kata Alam. 

Menurut Alam, banyak sekali barang dan koleksi yang ditampilkan di dalam Kraton yang lekat dengan kehidupan manusia. "Ada juga Living Museum, proses kehidupan dari muda sampai menikah. Banyak sekali pelajaran dan kita bisa mengadopsinya di kehidupan nyata," katanya.

BACA JUGA: Cerita Alam Ganjar Mengelola Tim E-sport

Kunjungannya ini bukan yang pertama kali. Alam menyebut, dirinya sudah pernah berkunjung ke salah satu destinasi wisata favorit di Kota Jogja itu, tetapi sudah cukup lama. Di kunjungannya yang terbaru ini dia melihat banyak perubahan yang terjadi di tempat itu. 

"Pasti akan ada hal baru, kita berkunjung ke sini mungkin bulan depan atau beberapa bulan ke depan pasti akan ada hal yang baru. Makanya agak susah kalau mau bosen ke sini," imbuh Alam. 

Abdi dalem Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Satya Bilal turut bangga dengan kunjungan Alam. Dia menyebut kedatangan Alam ini bisa menjadi salah satu contoh bagi generasi muda untuk ikut melestarikan budaya. "Jogja memiliki banyak sekali peninggalan sejarah yang adiluhung dan perlu dikenalkan pada anak anak anak muda. Alam memberikan contoh positif bagi anak anak muda lainnya untuk mencintai budaya," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

BMKG Pastikan Udara Panas di Indonesia Akhir-akhir Ini Bukan Heatwave, Ini Penjelasannya

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement