Advertisement

Program Kampung Zakat Kulonprogo Diklaim Tingkatkan Kesejahteraan

Triyo Handoko
Selasa, 06 Februari 2024 - 22:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
Program Kampung Zakat Kulonprogo Diklaim Tingkatkan Kesejahteraan Suasana pengawasan dan pendampingan Kampung Zakat di Kalurahan Sendangsari, Pengasih oleh Kemenag Kulonprogo, Selasa (6/2/2024). Harian Jogja - Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Kemenag Kulonprogo mengklaim program Kampung Zakat yang diselenggarakannya berhasil meningkatkan kesejahteraan, Selasa (6/2/2024). Program Kampung Zakat yang diinisiasi sejak 2023 kemarin bentuk kerja sama Kemenag Kulonprogo dan Baznas diselenggarakan di Kalurahan Sendangsari, Pengasih.

Dalam pengawasan dan pendampingan Kampung Zakat itu, Penyelenggara Zakat dan Wakaf Kankemenag Kulonprogo, Haris Widiyanto menyebut program ini secara nyata telah telah mampu meningkatkan tingkat kesejahteraan umat. “Program Kampung Zakat ini merupakan kerjasama antara Kemenag dengan Baznas. Alhamdulillah, program ini secara nyata telah mampu meningkatkan kesejahteraan umat melalui sektor ekonomi. Semoga dalam masa yang akan datang akan lebih membawa manfaat lagi bagi penerima program,” ujarnya, Selasa (6/2/2023).

Advertisement

Haris menjelaskan lewat Kampung Zakat, berbagai pemberdayaan ekonomi dilakukan dengan hasil zakat yang disalurkan. "Harapannya dengan dana stimulan ini dapat digunakan sebagai modal usaha untuk peningkatan kesejahteraan umat. Sehingga yang awalnya sebagai Mustahik, diharapkan nantinya dapat berubah menjadi Muzaki,” terangnya.

Baca Juga

Pengumpulan Zakat dari PNS Bantul Jauh dari Target

Pemberian Zakat Massal Secara Pribadi Dilarang di Jogja, Ancamannya Tegas

Ke Mana Miliaran Uang Zakat Umat di DIY Mengalir?

Sementara itu Wakil Ketua Baznas Kulonprogo, Totok Sugiyanto mengungkapkan suksesnya program Kampung Zakat tersebut karena adanya prinsip kolaborasi. “Hal ini mengakibatkan semua penerima manfaat dapat semakin berdaya," tuturnya.

Totok menyebut dengan semangat kolaborasi ini dapat saling meningkatkan perekonomian warga. "Sehingga diharapkan program dapat berkelanjutan dan manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Lurah Sendangsari, Suhardi mengaku terbantu dengan program ini untuk membantu UMKM di wilayahnya terus berkembang. "Khusus Kampung Zakat ada empat warga atau mustahik yang  dibantu mengembangkan usahanya," katanya.

Empat mustahik itu semuanya memiliki usaha, antara lain angkringan, produksi keripik peyek hingga penjahit. "Usaha mereka semakin meningkat dengan adanya bantuan dari program Kampung Zakat tersebut berupa bantuan modal," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 12 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Update Harga Pangan 2 Mei: Komoditas Beras dan Bawang Putih Naik

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 11:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement