Advertisement

Polisi Sempat Alihkan Arus Lalu Lintas Menuju Simpang Tiga Gejayan

Catur Dwi Janati
Senin, 12 Februari 2024 - 19:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Polisi Sempat Alihkan Arus Lalu Lintas Menuju Simpang Tiga Gejayan Suasana demontrasi Jaringan Gugat Demokrasi di Simpang Tiga Gejayan, Caturtunggal, Depok, Sleman pada Senin (12/2/2024). - Harian Jogja // Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Ratusan personel kepolisian diterjunkan untuk mengamankan unjuk rasa Jaringan Gugat Demokrasi yang berpusat di Simpang Tiga Gejayan. Pengalihan arus lalu lintas juga sempat dilakukan selama aksi berlangsung.

Kapolresta Sleman, Kombes Pol. Yuswanto Ardi mengungkapkan sejumlah personel telah ditempatkan di sepanjang jalur longmarch para demonstran. Titik-titik tersebut merupakan lokasi yang diprediksikan akan menimbulkan ketidaknyamanan aktivitas warga. Pasalnya ribuan demonstran yang tergabung Jaringan Gugat Demokrasi melakukan longmarch dari Bunderan UGM ke pusat aksi di Simpang Tiga Gejayan.

Advertisement

"Sepanjang jalan mulai dari bunderan UGM sampai dengan di Pertigaan Gejayan ini kita lakukan pengawalan. Terus kemudian di sepanjang titik, ada enam titik yang kita diprediksikan akan terjadi ketidak nyamanan masyarakat kita terjunkan personil untuk melakukan pengaturan," kata Ardi pada Senin (12/2/2024).

Setidaknya ratusan personel diterjunkan untuk pengamanan aksi ini. Ratusan personel itu merupakan gabungan dari personel Polresta Sleman dan Polda DIY.

"Untuk personel saat ini diterjunkan ada 352 personel. Itu terdiri dari personil Polresta Sleman dan polda DIY," tandasnya.

Baca Juga

Amankan Gejayan Memanggil, Polres Sleman Terjunkan 300 Personelnya

Jaringan Aktivis 98 Jogja Tolak Aksi #GejayanMemanggil Jilid II

Aksi Gejayan Memanggil Menolak Omnibus Law Direspons Istana

Saat aksi berlangsung arus lalu lintas menuju Simpang Tiga Gejayan sempat dialihkan. Kendaraan dari arah utara diarahkan menuju selokan Mataram. Sementara kendaraan dari arah Jl. Solo akan diarahkan lurus Jln. Urip Sumoharjo.

"Pada sore hari ini mohon maaf di Pertigaan Gejayan karena memang tidak ada tempat lagi  yang bisa dilewati, maka untuk arus lalu lintas yang dari arah utara dari arah ring road itu kita arahkan melalui selokan Mataram. Begitu juga sebaliknya yang dari arah selatan yang dari Jln. Solo kita luruskan kemudian nanti lewat di Sagan," jelasnya.

Dari pantauan Harian Jogja di lokasi aksi, massa mulai membubarkan aksi sekitar pukul 18.00 WIB dengan aman dan tertib. Hal ini sesuai dengan harapan kepolisian dimana aksi penyampaian aspirasi bisa berjalan lancar dan damai.

"Hari ini kami mengamankan aksi penyampaian aspirasi dari mahasiwa di pertigaan Gejayan. Tentunya ini kita persiapkan dengan matang, yang jelas kami mengantisipasi jangan sampai aksi ini berjalan tidak sesuai dengan rencana. Karena memang hasil koordinasi kami, adek-adek akan melaksanakan rencana dengan aman dan damai," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Besok Prabowo Jadi Jenderal TNI, Diberi Kenaikan Pangkat Kehormatan oleh Presiden Jokowi

News
| Selasa, 27 Februari 2024, 15:47 WIB

Advertisement

alt

Melihat Kemeriahan Cap Go Meh di Kelenteng Sijuk

Wisata
| Sabtu, 24 Februari 2024, 22:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement