Advertisement

Logistik Pemilu Didistribusikan dari Gudang KPU Kota Jogja

Lugas Subarkah
Selasa, 13 Februari 2024 - 10:57 WIB
Maya Herawati
Logistik Pemilu Didistribusikan dari Gudang KPU Kota Jogja KPU Kota Jogja memberangkatkan sejumlah truk pendistribusian logistik dari gudang KPU Kota Jogja, Selasa (13/2/2024) - ist KPU Kota Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Jogja mulai mendistribusikan logistik pemilu untuk pemungutan suara dari gudang KPU Kota Jogja, Jalan Pramuka, Prenggan, Kotagede, ke 45 kelurahan di Kota Jogja, Selasa (13/2/2024) pagi.

Ketua KPU Kota Jogja, Noor Harsya Aryo Samudro, menjelaskan dalam distribusi logistik ini diberangkatkan sebanyak 328.706 surat suara untuk masing-masing jenis suarat suara meliputi Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPR RI, DPRD DIY, DPRD Kota Jogja dan DPD.

Advertisement

“Dalam 22 truk box (kotak) besar dan satu truk box kecil yang diantarkan pagi ini hingga sore ke 45 kelurahan, diterima oleh PPK [Panitia Pemilihan Kecamatan] dan diserahkan kepada PPS [Panitia Pemungutan Suara]. Hari ini diserahkan kepada 1.298 TPS di Kota Jogja,” ujarnya.

Dalam distribusi logistik ini, KPU Kota Jogja mencermati potensi kerawanan berupa bencana hidrometeorologi. “Hujan dan angin kencang, itu menjadi perhatian kami dalam pengamanan logistik dan TPS di Kota Jogja,” kata dia.

Adapun kesiapan TPS menurutnya sudah terbangun semuanya, tinggal pengisian logistik yang akan dilakukan hari ini. Semua TPS di Kota Jogja dipastikan bisa diakses ibu hamil, lansia dan difabel. Untuk difabel netra disediakan layanan template surat suara PPWP dan DPD.

“Layanan prioritas untuk ibu hamil, lansia dan difabel. Kemudian ada komunikasi sederhana untuk memanggil, mendampingi dan mengucapkan terima kasih kepada difabel. Kami sudah lakukan bimtek kepada KPPS untuk sadar aksesibel di seluruh TPS,” katanya.

BACA JUGA: Duh Logistik Pemilu Disimpan di Rumah Warga, Ini Lokasinya

Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo menuturkan hari ini dilaksanakan pendistribusian logistik menuju kelurahan hingga masing-masing TPS. Diharapkan proses persiapan sudah selesai semua pada hari ini. “Besok pagi siap untuk dilakukan pemungutan suara oleh masyarakat,” katanya.

Di Kota Jogja terdapat sekitar 321.000 pemilih yang akan mengikuti pemungutan suara pada Rabu (14/2/2024). “Saya berharap ini digunakan secara maksimal oleh warga Kota Jogja, memberikan suaranya kepada pilihan-pilihan mereka,” kata dia.

Ia melihat sejauh ini, pelaksanaan pemilu di Kota Jogja berjalan dengan kondusif, mulai dari kampanye tertutup, kampanye terbuka hingga masa tenang. “Saya berharap besok juga tidak ada permasalahan berarti. Ini lah fungsi kolaborasi kita, saling memberikan support, saling memberikan pengawasan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement