Advertisement

DPUPRKP Lakukan Verifikasi Penataan Alun-alun Wonosari

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 21 Februari 2024 - 20:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
DPUPRKP Lakukan Verifikasi Penataan Alun-alun Wonosari Kondisi Alun-Alun Wonosari di depan Kantor Pemkab Gunungkidul, Senin (6/11/2023).(Harian Jogja - David Kurniawan)

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Penataan Alun-Alun Wonosari, Kabupaten Gunungkidul dilanjutkan. Saat ini, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) setempat menyampaikan hasil perencanaan penataan tersebut seidang diverifikasi.

Kabid Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul, Nanang Irawanto mengatakan pihaknya belum mendapat kesimpulan kajian dan hasil perencanaan terkait dengan sistem drainase alun-alun.

Advertisement

“Kami sedang verifikasi hasil perencanaan alun-alun yang direncanakan oleh konsultan DLH [Dinas Lingkungan Hidup],” kata Nanang dihubungi, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga

Penataan Alun-Alun Wonosari Berlanjut, Pengerasan dengan Pasir dan Batu

Alun-Alun Wonosari Bakal Dipadati Ribuan Orang Saat Malam Tahun Baru, Begini Skema Lalin

Tarif Sewa Alun-Alun Wonosari Bakal Naik, Kategori Bisnis Dipatok Rp4,3 juta Perhari

Nanang menambahkan verifikasi yang dilakukan oleh timnya meliputi rencana anggaran biaya (RAB), rencana kerja dan syarat-syarat (RKS), dan gambar teknis. Timnya menitikberatkan pada kesesuaian kaidah teknis, termasuk sistem drainase. “Verifikasi sekarang sebenarnya sudah jadi sebagian. Besok siang saya tanda tangan [hasil verifikasi],” katanya.

Kepala DLH Gunungkidul, Antonius Hary Sukmono mengatakan penataan Alun-Alun Wonsari mencakup sistem drainase. Pasalnya, sistem yang baik akan menentukan apakah akan muncul genangan air atau tidak.

Selain sistem drainase, penataan akan dilakukan dengan menebalkan material lapangan dengan pasir dan batu kerikil (sirtu). Penambahan sirtu akan dibarengi dengan penanaman bibit rumput.

Pada kesempatan sebelumnya, Hary telah menyampaikan penebalan akan dilakukan sebelum pertengahan tahun dan akan selesai setidaknya di pertengahan tahun 2024. Lapangan tersebut juga akan dibuat rata karena di beberapa titik terdapat gundukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Berikut Sejumlah Momen Spesial Saat Upacara Pembukaan Olimpiade Paris 2024

News
| Sabtu, 27 Juli 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Taman Balekambang Solo Resmi Dibuka Kamis 25 Juli 2024, Segini Tarif Masuk dan Jam Operasionalnya

Wisata
| Rabu, 24 Juli 2024, 15:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement