Advertisement

Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Ditarget Beroperasi Lebih Awal, Konstruksi Pertimbangkan Aspek Keistimewaan DIY

Catur Dwi Janati
Rabu, 28 Februari 2024 - 08:27 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Ditarget Beroperasi Lebih Awal, Konstruksi Pertimbangkan Aspek Keistimewaan DIY Pembangunan jembatan elevated Tol Jogja Bawen di Selokan Mataram di sekitar Desa Margokaton, Seyegan, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tol Jogja-Bawen seksi 1 atau ruas Jogja-SS Banyurejo Tempel ditarget bisa beroperasi lebih awal dibandingkan ruas lain pada proyek tol tersebut. Saat ini konstruksi tol Jogja Bawen seksi 1 mencapai 51,75%. Pembangunan ini sangat memperhatikan aspek budaya dan kearifan lokal Jogja khususnya keistimewaan DIY.

Kepastian bahwa tol Jogja-Bawen ini memperhatikan unsur keistimewaan disampaikan oleh Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen, A.J. Dwi Winarsa daam rilis tertulis, Selasa (27/2/2024). “Tentunya pembangunan jalan tol akan tetap memperhatikan aspek sosial dan kebudayaan yang menjadi khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta," katanya.

Advertisement

BACA JUGA : Pembangunan Tol Jogja-Bawen Dilanjutkan 6 Seksi, Ini Rincian Jalurnya

Selain itu tol Jogja-Bawen akan dipercantik atau dikenal dengan beautifikasi tol, yang tetap memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan penggunanya. "Kami menargetkan Jalan Tol Yogyakarta - Bawen mengembangkan sejumlah program beautifikasi jalan tol yang tidak hanya menambah estetika namun juga tetap memperhatikan aspek keamanan dan kenyamanan pengguna jalan,” ujarnya.

Ia menambahkan sesuai dengan target dan prioritas pembangunan di proyek Jalan Tol Jogja-Bawen, pekerjaan konstruksi yang saat ini menjadi prioritas adalah konstruksi untuk Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo sepanjang 8,8 Km dan Seksi 6 Ambarawa - Bawen sepanjang 5,12 Km. Konstruksi untuk kedua seksi ini ditargetkan selesai sesuai rencana yang nantinya akan bisa beroperasi terlebih dahulu.

Progres konstruksi Seksi 6 Ambarawa – Bawen saat ini sedang dilakukan pekerjaan pembersihan lokasi kerja, timbunan tanah, borpile serta pelebaran pada akses on/off ramp Bawen. Pada proses pembebasan lahan Seksi 6 Ambarawa – Bawen Provinsi Jawa Tengah terdapat 4 Desa yang terdampak Proyek Jalan Tol Yogyakarta – Bawen, yaitu Desa Kandangan, Desa Doplang, Kelurahan Bawen dan Desa Kupang di mana sebagian besar bidang juga sudah dilakukan pembayaran UGR.

Adapun untuk pekerjaan konstruksi Tol Jogja-Bawen Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo saat ini akan mengoptimalkan pekerjaan  pada lahan yang sudah dibebaskan. Jenis pekerjaan itu dilakukan Jembatan Kali Sangu Banyu, Kali Mataram, Elevated 1, Elevated 2, Elevated 3, Elevated 4, Box Underpass, Box Culvert, pekerjaan badan jalan dan perbaikan tanah.

Sedangkan progres pembebasan lahan tol Jogja-Bawen Seksi 1 Ruas Jogja-SS Banyurejo saat ini telah terbit Surat Palilah dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat untuk semua desa baik tanah desa maupun Sultan Ground.

BACA JUGA : Proyek Tol Jogja-Solo: Viral Rumah di Tamanmartani Sleman Masih Berdiri Kokoh di Tengah Lalu Lalang Proyek

"Untuk sebagian besar bidang di 7 desa telah dilakukan pembayaran Uang Ganti Rugi untuk masyarakat yang terdampak di Desa Tirtoadi, Desa Margomulyo, Desa Margokaton, Desa Margodadi, Desa Sumberejo, Desa Tambakrejo dan Desa Banyurejo. Sisanya, kami berharap proses pembayaran dapat selesai di tahun 2024 ini,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Naskah Kuno Indonesia Ditetapkan Jadi Memory of the World oleh UNESCO

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

Wisata
| Kamis, 09 Mei 2024, 17:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement