Advertisement

DPP Gunungkidul Mengaku Perlu Optimasi Lahan Pertanian

Andreas Yuda Pramono
Jum'at, 01 Maret 2024 - 20:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
DPP Gunungkidul Mengaku Perlu Optimasi Lahan Pertanian Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto (dua dari kiri) bersama Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto dan Wakil Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini sedang mencoba durian hasil pertanian di Kawasan Nglanggeran pada Jumat (1/3/2024). Pertanian hortikultura tersebut berada di bawah monitoring Taman Teknologi Pertanian yang menjadi pusat pembelajaran. Istimewa - Diskomifo Gunungkidul

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul menyampaikan perlu ada optimasi lahan dengan memaksimalkan penggunaan lahan dengan pembangunan sumber-sumber air seperti sumur bor. Sumur tersebut dapat menjadi sumber air untuk pertanian pangan dan hortikultura.

Kepala DPP Gunungkidul, Rismiyadi mengatakan saat ini pihaknya sedang mendata jumlah sumur bor termasuk kekurangannya sebagai salah satu sumber air. Pasalnya, dia mengaku sumur bor yang saat ini ada dibangun bukan hanya dari DPP namun juga dari DPUPRKP, Pemerintah Desa dengan Dana Desa, dan sumber lainnya. “Lahan pertanian yang luas perlu didukung dengan pembangunan sumur bor dan sebagainya agar bisa tanam sepanjang tahun tanpa tergantung musim hujan,” kata Rismiyadi dihubungi, Jumat (1/3/2024).

Advertisement

Salah satu pertanian hortikultura di Gunungkidul yang menggunakan sumur bor dapat dilihat di Kawasan Nglanggeran. Di sana, petani menanam durian dan kakao di bawah monitoring Taman Teknologi Pertanian (TTP).

Rismiyadi menjelaskan TTP memiliki program utama melakukan diseminasi teknologi pertanian, terutama dalam hal pengolahan produk pertanian berbahan dasar kakao. Sampai saat ini, kata dia ada beberapa varian minuman dan makanan kecil berbahan dasar kakao. Bahkan juga susu kambing etawa dari sektor peternakan.

Baca Juga

Jaga Ketahanan Pangan Petani Gunungkidul Diminta Optimalkan Lahan Pekarangan

Alokasi Pupuk Bersubsidi di Gunungkidul 2024 Capai 20.460 Ton

Duh, 76% Jaringan Irigasi Pertanian di Gunungkidul Rusak

Sementara itu, Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto mengatakan Gunungkidul masih membutuhkan sumur bor untuk pengairan lahan. Pasalnya, pertanian holtikultura menjadi andalan di Kabupaten Gunungkidul.

Dalam kunjungan kerja dari pimpinan dan anggota Komisi IV DPR RI pada Jumat 1 Maret 2024, Heri mengaku masih perlu dukungan untuk meningkatkan sektor pertanian di Bumi Handayani.

Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto menyinggung perihal pertanian hortikultura utamanya durian di Kawasan Nglanggeran. Kata dia, permintaan durian saat ini cukup tinggi baik untuk lokal maupun ekspor. “Dan untuk jenis durian yang dikembangkan di Gunungkidul ini termasuk dengan jenis-jenis premium dan dapat dipasarkan untuk kualitas ekspor karena permintaan saat ini cukup tinggi utamanya ke China,” kata Prihasto.

Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Anggia Erma Rini mengapresiasi hasil pertanian holtikultura di Kawasan Nglanggeran.

“Kami datang disuguhkan dengan berbagai macam jenis buah durian yang ada di Gunungkidul,” kata Erma. Dia berharap ada inovasi pengolahan buah durian dari Nglanggeran ke depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Buruan Beli! Harga Tiket MotoGP Diskon 50 Persen

News
| Sabtu, 27 April 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement