Advertisement

Kreatif! 36 Bank Sampah di Purbayan Gelar Fashion Show dengan Pakaian Berbahan Plastik

Alfi Annisa Karin
Minggu, 03 Maret 2024 - 19:27 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kreatif! 36 Bank Sampah di Purbayan Gelar Fashion Show dengan Pakaian Berbahan Plastik Pemenang lomba fashion show dengan pakaian berbahan plastik pada gelaran Gebyar Kreativitas Bank Sampah 2024 di Kelurahan Purbayan, Kotagede, beberapa waktu lalu / istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, KOTAGEDE—Sebanyak 36 bank sampah dan sedekah sampah Kelurahan Purbayan, Kotagede mengikuti sejumlah rangkaian acara Gebyar Kreativitas Bank Sampah 2024 yang digelar beberapa waktu lalu. Gelaran ini menampilkan kreasi pengolahan sampah yang dikumpulkan dari warga.

Mulai dari pot berbahan baku dari galon mineral plastik, aneka macam hiasan bunga dan tumbuh-tumbuhan dari plastik, hingga mainan anak dari plastik bekas. Ada juga penampilan fashion show dengan aksesori pakaian dari pengolahan sampah anorganik.

Advertisement

Mantri Pamong Praja Kotagede Komaru Ma'arif menjelaskan kegiatan ini menjadi wujud apresiasi keberadaan bank sampah dan sodaqoh sampah dalam mendukung program pengurangan sampah Pemkot Jogja.

"Harapannya, dapat menggali potensi-potensi seni dan budaya yang ada di masyarakat, memperkaya khasanah seni dan budaya Kotagede, dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan bank sampah atau sedekah sampah di wilayah," ujar Komaru.

Baca Juga

Pemkot Jogja Kini Punya Bank Sampah Induk, Ini Fungsi dan Lokasinya

Jelang Penutupan Piyungan, Bank Sampah dan TPS3R Diharapkan Bisa Atasi Sampah Kota Jogja

17 Lokasi dan Alamat Bank Sampah di Kota Jogja

Ketua Forum Bank Sampah Kota Jogja Aman Yuriadijaya turut mengapresiasi gelaran ini. Bank sampah dan sedekah sampah di Kelurahan Purbayan telah menunjukkan kreativitas dan hasil kreasi dari pengolahan bank sampahnya menjadi barang-barang yang berguna. Dia mengaku terus mendorong dan mendukung upaya bank sampah dalam mengelola sampah anorganik di wilayahnya.

"Ini selaras dengan program Pemerintah Kota Jogja yang terus berupaya mendorong kesadaran masyarakat untuk mengolah sampah serta memilah sampah dari rumah, serta mendaur ulang sampah menjadi barang yang bernilai dan berdaya guna," ungkap Aman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Terdampak Erupsi Gunung Raung, Bandara Sam Ratulangi Ditutup hingga Minggu

News
| Sabtu, 20 April 2024, 13:57 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement