Advertisement

Cegah Kekerasan Jalanan saat Ramadan, Satpol PP Jogja Gencarkan Operasi Jam Malam

Alfi Annisa Karin
Minggu, 17 Maret 2024 - 14:17 WIB
Sunartono
Cegah Kekerasan Jalanan saat Ramadan, Satpol PP Jogja Gencarkan Operasi Jam Malam Kekerasan - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Pelanggaran keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta kekerasan jalanan menjadi persoalan yang masih kerap terjadi di Kota Jogja. Apalagi, jam-jam seperti saat salat tarawih, menjelang sahur, hingga menjelang subuh menjadi waktu rawan terjadinya pelanggaran kamtibmas.

Kepala Satpol PP Kota Jogja Octo Noor Arafat menuturkan pihaknya gencar melakukan operasi cipta kondisi. Ini menjadi bagian dari kegiatan rutin yang ditingkatkan dan berkolaborasi dengan Satreskrim Polresta Jogja.

Advertisement

BACA JUGA : Polda DIY Terjunkan Para Pejabat Utamanya untuk Cegah Kejahatan Jalanan di Jogja

"Dilakukan dalam rangka mendukung terciptanya kamtibmas. Terutama di waktu-waktu rentan kejahatan yang sudah diprediksi oleh teman-teman Polresta maupun Satpol PP untuk melakukan operasi," ujar Octo.

Di sisi lain, Satpol PP Kota Jogja juga menggencarkan patroli rutin. Ini sejalan dengan Peraturan Wali Kota Jogja Nomor 49 Tahun 2022 tentang Jam Malam Anak. Patroli ini dilakukan baik secara mandiri maupun gabungan bersama dengan Satreskrim Polresta Jogja.

Dari kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan selama bulan Januari dan Februari, Octo mengatakan ada beberapa kejadian yang menonjol. Pada Januari 2024, pihaknya mencatat ada 18 kejadian pelanggaran kamtibmas. Sebanyak 6 anak terjaring pelanggaran jam malam anak, 6 anak terjaring lantaran minum minuman beralkohol di tempat umum, satu orang terjaring melakukan pelanggaran penertiban umum masyarakat, dan 5 orang terjaring pelanggaran jenis lainnya.

"Februari sedikit menurun. Ada 2 anak terjaring pelanggaran jam malam anak, 2 anak terjaring minum minuman beralkohol, satu orang pelanggaran gangguan ketertiban umum," imbuhnya.

Octo juga memantau beberapa lokasi yang rentan terjadi pelanggaran kamtibmas. Hampir semuanya merupakan jalan protokol. Misalnya, untuk pelanggaran minum minuman beralkohol paling sering terjadi di seputaran LPP Klitren Gondokusuman, Jalan I Dewa Nyoman Oka, hingga Jalan Pattimura. Ada juga di Jalan Urip Sumoharjo, Jalan Pringgokusuman, Jalan Tentara Rakyat Mataram, dan beberapa jalan lainnya.

BACA JUGA : Kedapatan Bawa Keling, Tiga Remaja Digelandang ke Polsek Umbulharjo

"Pelanggaran jam malam anak juga berada di jalan-jalan protokol yang relatif sama dengan lokasi-lokasi tersebut, ditambah wilayah Kotabaru. Terkait dengan miras dan kriminalitas, kita serahkan kepada rekan-rekan di Polresta," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement