Advertisement

Siap-siap! Satpol PP Bantul Segera Tertibkan Kegiatan yang Mengganggu Ketertiban Umum

Newswire
Minggu, 17 Maret 2024 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
Siap-siap! Satpol PP Bantul Segera Tertibkan Kegiatan yang Mengganggu Ketertiban Umum Petugas gabungan saat membubarkan kerumunan massa di JJLS, Sanden, Bantul, Sabtu (26/9/2020) malam. - Ist/ dok Satpol PP Bantul

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bantul Segera menertibkan kegiatan masyarakat yang berpotensi mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum(Trantibum) selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah.

"Satpol PP siap melakukan penertiban berbagai hal kegiatan masyarakat yang berpotensi mengganggu ketenteraman dan ketertiban umum, berpotensi mengganggu kekhusyukan ibadah di bulan puasa," kata Kepala Satpol PP Bantul Jati Bayubroto di Bantul, Minggu.

Advertisement

Dia mengatakan, beberapa kegiatan masyarakat yang disinyalir menjadi potensi gangguan Trantibum dan perlu dilakukan penertiban bersama aparat keamanan tersebut seperti kegiatan yang berkaitan dengan masalah petasan, kemudian peredaran minuman keras.

"Kemudian juga barang kali masih ada prostitusi, kemudian hiburan-hiburan malam yang mungkin bisa mengganggu, akan kita sarankan untuk menyesuaikan selama di bulan Ramadhan ini, itu kegiatan kegiatan yang kita lakukan di bulan Ramadhan," katanya.

Dia juga mengatakan, akan melakukan sosialisasi terhadap surat edaran yang dikeluarkan Bupati Bantul terkait arahan dan imbauan kepada masyarakat di bulan Ramadhan, termasuk melakukan penegakan ketika ada pelanggaran daripada surat edaran tersebut.

BACA JUGA: Pertengahan Ramadan dan Jelang Lebaran, Satpol PP Optimalkan Razia Gepeng dan Anak Jalanan

Lebih lanjut, dia mengatakan, terkait dengan operasional warung makan maupun restoran selama bulan puasa, tidak ada larangan untuk tetap buka, dikarenakan mereka juga berhak menyediakan masyarakat yang memang tidak menjalankan ibadah puasa.

"Kalau arahan dari Bupati warung warung seperti biasanya buka, kan mereka punyai hak mencari rejeki juga, kemudian juga tidak semuanya berpuasa, orang orang tidak berpuasa juga perlu disediakan hanya memang tentunya saling menghormati," katanya.

Dia mengatakan, warung makan dipersilahkan tetap buka yang mungkin ditutup sebagian, maupun buka penuh. "Akan tetapi secara umum kami tidak akan melakukan penertiban berkaitan dengan warung makan di bulan puasa," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Sandiaga Angkat Bicara Terkait Syuting Film Artis Korea di Bali yang Terkendala Imigrasi

News
| Sabtu, 27 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement