Advertisement

Viral Gelandangan Tidur di Plengkung Gading, Satpol PP Jogja Bergerak

Lugas Subarkah
Senin, 25 Maret 2024 - 16:57 WIB
Arief Junianto
Viral Gelandangan Tidur di Plengkung Gading, Satpol PP Jogja Bergerak Foto Ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Di media sosial beredar video yang memperlihatkan seorang lansia tidur di pinggir jalan, di dalam Plengkung Gading. Satpol PP Kota Jogja mengaku sudah memantau keberadaan gelandangan ini. Mereka pun akan segera mengambil tindakan.

Video tersebut dibagikan oleh akun @Merapi Uncover di platform X dan Instagram, Senin (25/3/2024) dini hari. Dalam unggahan itu, dijelaskan adanya seorang nenek yang tertidur di Plengkung Gading. Warga sudah berusaha membangunkan tetapi tidak berhasil.

Advertisement

Dari keterangan yang sama juga diketahui nenek itu sudah tidur di lokasi yang sama sendirian sejak hari sebelumnya.

Kepala Satpol PP Kota Jogja, Octo Noor Arafat menjelaskan saat ini personelnya sudah memantau laporan ini. “Sudah kami pantau secara intensif,” katanya.

Satpol PP Kota Jogja sudah menyisir lokasi dan berkoordinasi dengan pihak Kemantren Kraton, tetapi belum menemukan keberadaan gelandangan tersebut. “Tadi pagi sudah dilakukan penyisiran di seputaran Plengkung Gading tetapi nihil,” ujarnya.

Dari informasi yang dikumpulkan, ia mengungkapkan jika gelandangan tersebut tidak setiap hari berada di Plengkung Gading. Meski demikian, di sekitar lokasi tersebut memang pernah beberapa kali terpantau adanya gelandangan.

Informasi ini ia dapatkan dari pihak Kemantren Kraton. Meski demikian, dari pihak kemantren pun belum memastikan apakah gelandangan itu orang yang sama dengan yang diunggah di media sosial saat ini. “Kemantren pernah dua kali mengevakuasi lansia perempuan di lokasi dimaksud. Hanya saja tidak jelas apakah orang yang sama,” ungkapnya.

BACA JUGA: Terjaring Razia, Gepeng di Sleman Bakal Langsung Dipulangkan

Satpol PP Kota Jogja masih akan melanjutkan pemantauan ini dengan dibantu petugas di wilayah. “Malam ini kami monitor lagi lokasi yang dimaksud.  Sudah kami koordinasikan dengan MPP [Mantri Pamong Praja], BKO [Bawah Kendali Operasi] kemantren dan Pollsek setempat,” kata dia.

Adapun tindak lanjut yang akan diambil jika telah mendapatkan gelandangan tersebut, pihaknya akan mengirimkannya ke tempat assessment untuk ditentukan langkah atau penanganan selanjutnya. “Akan kami bawa ke Camp Assessment DIY,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bos Microsoft Satya Nadella Kunjungi Indonesia Bawa Investasi Rp28 Triliun, Ini Peruntukannya

News
| Selasa, 30 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement