Advertisement

Jalur Alternatif ke Gunungkidul di Gayamharjo Sleman Rusak Parah Akibat Penambangan Uruk Tol Jogja-Solo

David Kurniawan
Rabu, 20 Maret 2024 - 15:17 WIB
Sunartono
Jalur Alternatif ke Gunungkidul di Gayamharjo Sleman Rusak Parah Akibat Penambangan Uruk Tol Jogja-Solo Konstruksi Tol Jogja Solo di wilayah Delanggu, Klaten, Jawa Tengah, Jumat (1/4/2022). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Jalur altenatif dari Sleman ke Gunungkidul tepatnya di Kalurahan Gayamharjo, Prambanan rusak parah sepanjang tiga kilometer. Kerusakan disebabkan karena jalan sering dilintasi aktvitas truk pengangkut tanah uruk untuk pembangunan jalan tol Jogja-Solo.

Salah seorang warga di Kalurahan Gayamharjo, Suharno mengatakan, jalan di kampungnya rusak parah karena sering dilalui truk bermuatan tanah uruk untuk pembangunan jalan tol Jogja-Solo. Ia mengaku, setiap harinya ada ratusan truk penuh muatan yang melintas sehingga aspal jalan menjadi rusak dan berlubang.

Advertisement

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Dioperasikan saat Mudik Lebaran 2024, Disiapkan Pos Pemantauan

“Setiap hari dilewati. Mungkin tidak kuat menahan beban yang berat sehingga jalannya menjadi rusak,” kata Suharno kepada Harianjogja.com, Sleman, Rabu (20/3/2024).

Akibat kerusakan ini, pengguna jalan yang melintas harus berhati-hati. Terlebih lagi, jalurnya relatif ekstrem dengan kondisi tanjakan dan turunan. “Ini masuk jalur alternatif menuju Klaten dari Gunungkidul maupun dari Piyungan, Bantul atau sebaliknya,” katanya.

Ia berharap kerusakan ini bisa diperbaiki sehingga jalan dapat kembali mulus dan tidak membahayakan pengguna jalan yang melintas. “Mudah-mudahan bisa segera diperbaiki,” katanya.

Lurah Gayamharjo, Parwoko saat dikonfirmasi tidak menampik adanya kerusakan jalan akibat aktivitas penambangan tanah urug di Padukuhan Lemahbang. Berdasarkan informasi yang diterima, urug ini dipergunakan untuk memperlancar pembangunan jalan tol tol Jogja-Solo.

“Jadi uruknya ada yang ambil dari lokasi penambangan di Lemahbang. Mungkin sering dilalui kendaraan penuh muatan, maka jalannya jadi rusak,” kata Parwoko.

BACA JUGA : Panduan Mudik Lebaran 2024 dari Tol Trans Jawa Menuju Tol Jogja-Solo: Tujuan Klaten, Gunungkidul, Kulonprogo

Menurut dia, kerusakan jalan terjadi belum lama karena aktivitas penambangan Tol Jogja-Solo baru dimulai awal Februari 2024 lalu. Diperkirakan jalan yang rusak sepanjang tiga kilometer yang melintas di Padukuhan Jali, Nawung, Kalinongko Kidul dan Lemahbang. “Rusaknya parah karena aspal mengelupas dan berlubang di banyak titik di sepanjang jalur tiga kilometer,” katanya.

Parwoko tidak menampik kondisi jalan bisa semakin rusak akibat penambangan tol Jogja-Solo. Selain aktivitas lalu lalang truk bermuatan tanah uruk masih berlangsung, kondisi hujan bisa makin memperparah.

“Sebenarnya dari pemkab ada upaya pemeliharaan tiap tahunnya. Tapi, dilakukan bertahap, harapannya kerusakan ini bisa diperbaiki,” katanya.

Meski jalur berada di wilayah perbukitan, Parwoko mengakui jalan ini bisa membantu warga untuk menghindari kemacetan di wilayah Prambanan. “Jadi menjadi jalur alternatif bagi warga di Piyungan yang mau menuju Klaten. Makanya kami berharap bisa diperbaiki jalannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kabar Susunan Kabinet Prabowo, Gerindra: Belum Ada yang Resmi

News
| Minggu, 28 April 2024, 21:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement