Advertisement

Polres Kulonprogo Catat 693 Pelanggaran selama Operasi Keselamatan Progo, Kebanyakan Motor

Triyo Handoko
Rabu, 20 Maret 2024 - 18:57 WIB
Arief Junianto
Polres Kulonprogo Catat 693 Pelanggaran selama Operasi Keselamatan Progo, Kebanyakan Motor Suasana Operasi Keselamatan Progo yang diselengarakan Polres Kulonprogo. Dok Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Selama Operasi Keselamatan Progo terdapat 693 pelanggaran lalu lintas yang ditindak. Operasi yang dilakukan 14 hari dan berakhir pada Minggu (17/3/2024) itu dilakukan Polres Kulonprogo juga dengan edukasi berkendara aman.

Pelanggaran lalu lintas paling banyak dilakukan pengendara sepeda motor dengan jumlahnya 529 unit. Sedangkan sisanya, pelanggaran roda empat sebanyak 79 unit.

Advertisement

Penindakan atas pelanggaran yang dilakukan pengendara dilakukan dengan teguran dan tilang. Kasi Humas Polres Kulonprogo AKP, Triatmi Noviartuti menjelaskan pelanggaran roda dua didominasi dengan tidak menggunakan helm sesuai standar, penggunaan knalpot tidak sesuai spesifikasi, hingga melawan ketentuan arah arus lalu lintas.  "Ada juga pelanggaran karena menggunakan handphone saat berkendara," kata Novi, Rabu (20/3/2024).

Novi menjelaskan untuk pelanggaran roda empat terdapat yang tak menggunakan sabuk pengaman sampai melebihi batas muatan yang ditentukan. "Terdapat edukasi juga yang kami tekankan dari operasi ini," terangnya.

BACA JUGA: Melawan Arah, Ribuan Pengendara Motor Kena Tilang

Sementara Kapolres Kulonprogo AKBP Nunuk Setiyowati menjelaskan edukasi keselamatan masuk dalam kategori upaya preemtif dan preventif. "Penindakan hukum hanya 20 persen sisanya preemtif dan preventif," tuturnya.

Upaya edukasi itu dilakukan oleh seluruh personil yang bertugas dimana totalnya 190 orang. "Tujuan operasi ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, agar keselamatan di jalan ini diupayakan bersama. Sehingga kami harap masyarakat menyadari pentingnya menaati aturan yang ada," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement