Advertisement

Pasar Godean Masih Dibangun, Pemkab Sleman Siapkan Skema Penempatan Pedagang untuk Hindari Konflik

David Kurniawan
Kamis, 21 Maret 2024 - 14:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Pasar Godean Masih Dibangun, Pemkab Sleman Siapkan Skema Penempatan Pedagang untuk Hindari Konflik Desain Pasar Godean Sleman. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Revitalisasi Pasar Godean ditarget selesai pada Mei 2024. Untuk persiapan pengoperasian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman mulai membuat kajian untuk penempatan para pedagang.

Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Tina Hastani mengatakan pembangunan Pasar Godean masih berlangsung hingga sekarang. Bangunan baru akan terdiri dari tiga lantai dan ditargetkan pengerjaan selesai Mei mendatang. “Masih proses dan mudah-mudahan bisa selesai tepat waktu,” kata Tina kepada wartawan, Kamis (21/3/2024).

Advertisement

Disinggung mengenai waktu pengoperasian, ia belum bisa memastikan. Tina berdalih, pada saat pembangunan selesai ada tahapan administrasi yang harus diselesaikan. “Masih ada juga berkaitan dengan masalah parkir. Tapi yang jelas, sebelum digunakan ada proses pelimpahan dari Kementerian PUPR kepada Pemkab Sleman,” katanya.

Meski masih dalam proses pembangunan, Tina mengakui mulai menyiapkan untuk proses penempatan bagi para pedagang dari pasar darurat ke lokasi baru. Rencanaya skema penempatan akan dikoordinasikan dengan paguyuban sehingga pemilihan tempat tidak menimbulkan kecemburuan atau konflik antar pedagang. “Ini yang masih dikaji. Yang jelas, penempatan dengan model zonasi dan penempatan bisa dilakukan dengan model undian,” katanya.

Baca Juga

Begini Wajah Baru Pasar Godean Setelah Direvitalisasi, Cantik

Pasar Godean Baru Diklaim Lebih Ramah Difabel

Progres Pembangunan Pasar Godean Capai 60%, Dilengkapi Lahan Parkir 1.000 Kendaraan

Tina menjelaskan sesuai dengan perencanaan, lantai satu nantinya digunakan oleh pedagang yang menjual komoditas basah seperti sayur, buah-buahan, hingga daging. Lantai kedua di Pasar Godean direncanakan untuk penjual kerajinan, aksesoris, dan kuliner. Selain itu juga akan digunakan untuk pedagang peralatan pertanian, penjual sepeda dan tempat ibadah. “Untuk lantai tiga dipergunakan aktvitas perkantoran pasar. Untuk pedagang, jumlahnya masih sama ada 1.837 pedagang dan tidak ada penambahan atau pengurangan,” katanya.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo belum lama ini meninjau lokasi pembangunan Pasar Godean. Menurut dia, prosesnya berjalan dengan baik sehingga optimistis dapat selesai tepat waktu. “Saya pastikan pasar akan ramah difabel. Selain itu, fasilitasnya tidak hanya tempat jualan, tapi juga ada toilet, tempat ibadah hingga tempat parkir yang representative,” kata Kustini.

Ia berharap Pasar Godean bisa ikon baru karena tidak hanya menjadi pusat perbelanjaan, tapi juga menjadi lokasi wisata. Hal ini mengingat adanya Makam Mbah Jembrak yang keberadaannya akan tetap dipertahankan. “Jadi dengan begini masyarakat bisa berziarah dengan nyaman dan tenang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Golkar Targetkan Kemenangan Pilkada 2024 di Atas 70%

News
| Sabtu, 27 April 2024, 17:27 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement