Advertisement

Gunungkidul Fokus Mengembangkan Kakao dan Kopi

Andreas Yuda Pramono
Kamis, 21 Maret 2024 - 21:17 WIB
Maya Herawati
Gunungkidul Fokus Mengembangkan Kakao dan Kopi Tanaman Kakao / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kabupaten Gunungkidul bakal mengembangkan lebih jauh potensi tanaman kakao dan kopi dengan menggunakan sentuhan teknologi modern. Upaya pengembangan tersebut semakin terbuka setelah Pemkab Gunungkidul menjalin kerja sama dengan Institute Pertanian (Instiper) Stiper Yogyakarta.

Kepala DPP Gunungkidul, Rismiyadi mengatakan akan mengembangkan teknologi dalam budidaya tanaman kakao dan kopi. Arahnya lebih kepada upaya menghasilkan produk unggulan. Di Gunungkidul, tanaman kakao dibudidayakan lebih banyak di Kapanewon Patuk, Karangmojo, dan Ponjong. Sedangkan tanaman kopi ada di Kapanewon Ngawen dan Nglipar. Luas perkebunan kakao secara total mencapai 1.300 hektar dan kopi kurang lebih 100 hektare.

Advertisement

“Tanaman kopi untuk saat ini baru belajar berbuah. Pasarnya pun masih lokal,” kata Rismiyadi dihubungi, Kamis (21/3/2023).

Rismiyadi menambahkan Bupati Gunungkidul, Sunaryanta telah menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan Rektor Instiper Stiper Yogyakarta, Harsawardhana di Instiper Yogyakarta pada Kamis (21/3). Terangnya, MoU tersebut merupakan langkah awal kerja sama berikutnya. Secara umum Instiper Yogyakarta fokus pada tiga subsektor yaitu pertanian, perkebunan, dan kehutanan.

“Selanjutnya, sebelum ada tindak lanjut. Perangkat Daerah akan segera bertemu dengan pihak kampus untuk menandatangani perjanjian kerja sama,” katanya.

BACA JUGA: Mau Tak Mau, Cuaca Ekstrem Pengaruhi Pengerjaan Proyek Jembatan Pandansimo dan Kelok 23

Melalui MoU tersebut, dia berharap ada sinergi antara Pemkab dengan perguruan tinggi sehingga masing-masing pihak dapat memperoleh keuntungan yang sama.

“Saya berharap Instiper dapat menerapkan hasil pelaksanaan pendidikan dan pengajaran dalam mendukung pelaksanaan pembangunan Gunungkidu,” kata Sunaryanta.

Menurut dia, kerja sama tersebut dapat memberikan dampak yang positif dalam mengupayakan sektor pertanian di Bumi Handayani. Pensiunan TNI AD ini juga mengaku bahwa dalam satu tahun hanya ada 900 petani milenial yang semangat menekuni sektor pertanian. “Pertanian [di Gunungkidul] saat ini masih didominasi petani tradisional berumur 50 tahun ke atas,” katanya.

Rektor Institut Pertanian Stiper Yogyakarta, Harsawardhana menegaskan Instiper Stiper memiliki konsentrasi bidang pertanian, perkebunan dan kehutanan. Hal ini sesuai dengan harapan Pemkab terhadap pengembangan tiga bidang tersebut di Gunungkidul.

“MoU ini akan memperkuat Pemkab Gunungkidul dari sisi pertanian dan peningkatan ekonomi dan mengembangkan Instiper dalam sisi akademi,” kata Harsawardhana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Serahkan Bantuan untuk Korban Banjir dan Tanah Longsor di Kabupaten Luwu

News
| Senin, 13 Mei 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement