Advertisement

44.74 Km Jalan Kota Jogja Rusak Ringan, Tahun Ini Jalan Gedongkuning Selatan Diperbaiki

Lugas Subarkah
Selasa, 26 Maret 2024 - 16:57 WIB
Abdul Hamied Razak
44.74 Km Jalan Kota Jogja Rusak Ringan, Tahun Ini Jalan Gedongkuning Selatan Diperbaiki Jalan rusak - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja mendata saat ini terdapat sepanjang 44,74 Km ruas jalan rusak di Kota Jogja masuk kategori ringan. Tahun ini ruas jalan Gedongkuning akan dilakukan pemeliharaan rutin dengan anggaran 9,5 miliar.

Kabid Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Jogja, Hasri Nilam Baswari, menjelaskan berdasarkan survei kondisi jalan akhir tahun 2023, dari 233,2 Km ruas jalan Kota Jogja, 19,18% atau 44.74 Km masuk dalam kategori rusak ringan.

Advertisement

BACA JUGA: Pemkab Targetkan Perbaikan 16 Ruas Jalan di Kulonprogo Selesai Sebelum Lebaran 2024

Sementara untuk kerusakan berat menurutnya tidak ada. Adapun untuk jalan yang rusak ringan, belum semua bisa dianggarkan untuk perbaikan. “Namun belum semua bisa mendapatkan alokasi anggaran untuk perbaikan,” katanya, Selasa (26/3/2024).

Hal ini disebabkan keterbatasan anggaran Pemkot Jogja. Tahun ini, Dinas PUPKP Kota Jogja mengerjakan satu paket pemeliharaan berkala di titik jalan Gedongkuning sisi selatan. Proyek ini melanjutkan pengerjaan tahun 2023 yang sudah mengerjakan jalan Gedongkuning sisi utara.

Proyek ini menggunakan pagu anggaran sebesar Rp9,5 miliar dengan item pekerjaan saluran drainase dan pengaspalan. “Di beberapa titik yang strukturnya rusak, dikupas dulu aspalnya dengan cold milling machine, lalu di diganti lapisan dasarnya dengan ac-bc, setelah itu baru diaspal keseluruhan dengan lapisan penutup,” paparnya.

Proses pengerjaan jalan Gedongkuning sisi selatan ini diperkirakan akan dimulai pada akhir April atau awal Mei mendatang. “Tata kalanya akan dimulai akhir April atau awal Mei, tergantung proses tender pengadaan penyedia jasanya,” kata dia.

Adapun masa konstruksi direncanakan 180 hari kalender, dengan targetnya selesai di bulan Oktober 2024 mendatang. Pengerjaan ini tidak mencakup perbaikan besar karena secara umum kondisi struktur jalannya masih bagus. “Tidak ada yang rusak berat,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dituding Melarang Warung Madura Beroperasi 24 Jam, Ini Klarifikasi Kemenkop-UKM

News
| Sabtu, 27 April 2024, 19:07 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement