Advertisement

Gerakan Pangan Murah di Jogja untuk Stabilisasi Pasokan Pangan Jelang Lebaran

Alfi Annisa Karin
Senin, 01 April 2024 - 21:07 WIB
Maya Herawati
Gerakan Pangan Murah di Jogja untuk Stabilisasi Pasokan Pangan Jelang Lebaran Gerakan Pangan Murah di Kemantren Umbulharjo, Senin (1/4) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Setelah selesai melaksanakan operasi pasar di 14 kemantren, Pemkot Jogja kembali menggelar Gerakan Pangan Murah di Kantor Kemantren Umbulharjo, Senin (1/4/2024). Ini merupakan program Pemerintah Pusat melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas). Difokuskan di Kemantren Umbulharjo lantaran merupakan kemantren dengan cakupan wilayah yang paling luas.

Penjabat Wali Kota Jogja Singgih Raharjo menuturkan ini merupakan gelaran untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang hari raya Idulfitri. Masyarakat bisa mendapatkan berbagai kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

Advertisement

Mulai dari beras, telur, minyak goreng, hingga gula pasir. Ada juga daging ayam dan produk olahan daging lainnya. Singgih mengatakan semua produk dibanderol dengan harga di bawah pasar. "Yang istimewa, ada subsidi sebesar Rp 1.000," kata Singgih saat ditemui di Kantor Kemantren Umbulharjo, Senin (1/4/2024).

Singgih menyebut beberapa waktu lalu dia sempat memantau harga bahan pangan secara langsung di Pasar Beringharjo. Hasilnya, semua komoditas terkendali. Ada komoditas yang justru turun harga. Namun, ada juga yang sedikit mengalami kenaikan, meski masih terbilang terkendali.

BACA JUGA: Sambut Pemudik, Tanjakan Clongop dan Bundelan Akan Dihapus Dari Google Maps

"Saya berharap masyarakat dapat memanfaatkan Gerakan Pangan Murah ini karena tidak hanya beras, tapi ada juga telur, bawang merah, bawang putih. Masyarakat tidak perlu panik, harganya sangat stabil dan stok sangat cukup," katanya.

Kabid Pangan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja Imam Nurwahid menuturkan Gerakan Pangan Murah dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Pihaknya turut menggandeng beberapa distributor pangan, salah satunya Bulog. Program ini tidak secara khusus menyasar pada warga Umbulharjo saja. "Sifatnya umum diperbolehkan yang terjangkau oleh informasi kami," katanya.

Imam menegaskan, stok bahan pangan di Kota Jogja dalam kondisi aman. Kebutuhan masyarakat masih bisa terpenuhi dari suplai yang ada. Apalagi, masa panen raya telah tiba. Ini akan kembali memenuhi stok pangan yang ada di Kota Jogja.

"Saya berharap masyarakat tidak perlu panik dalam menghadapi hari raya Idul Fitri ini. Barang itu ada dan kalau secara global panen sudah ada. Insya Allah suplai-suplai akan segera terpenuhi," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

PKB dan PPP Kerja Sama Hadapi Pilkada Serentak 2024

News
| Selasa, 30 April 2024, 00:17 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement