Advertisement

Hujan, Proyek Tol Jogja-Solo di Trihanggo Berlumpur

Catur Dwi Janati
Selasa, 02 April 2024 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Hujan, Proyek Tol Jogja-Solo di Trihanggo Berlumpur Pekerja proyek Tol Jogja-Solo Seksi 2 Trihanggo-Junction Sleman melakukan pacthing atau penambalan jalan di jalan ring road area Trihanggo. - Istimewa // PT. Adhi Karya

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Musim pancaroba yang masih acap kali hujan membuat debu di area Tol Jogja-Solo ruas Trihanggo-Junction Sleman jadi minim debu. Namun tanah di sekitarnya jadi berlumpur.

"Ya itu [musim pancaroba] membantunya ada hujan, jadi tidak ada debu. Kami enggak perlu penyiraman," ungkap Humas PT. Adhi Karya pembangun Tol Jogja-Solo Seksi 2, Agung Murhandjanto, Selasa (2/4/2024).

Advertisement

Sayangnya, kondisi ini membuat tanah pada lahan-lahan yang sudah terbuka menjadi berlumpur. Beberapa lumpur juga ikut menempel pada angkutan yang lalu lalang di area proyek. "Rute yang dilewati truknya jadi berlumpur," ungkapnya.

Tanah proyek tol yang berada di lokasi pembukaan lahan baru, biasanya tanahnya cenderung belum keras, lantaran baru dibuka. "Kalau yang pembukaan lahan yang dulu dari tanah sawah terus diuruk kan ada treatmen khusus," ujarnya.

BACA JUGA: Empat Juta Pemudik Diprediksi Akan Masuk Sleman pada Lebaran 2024

Pada musim hujan lalu, perlakuan khusus dilakukan dengan cara membuka tali air. Tali air ini bentuknya berupa selokan darurat yang digunakan untuk mengalihkan aliran air di lahan yang baru dibuka. "Kami buka tali air. Tali airnya kami persiapkan," ujarnya. "Tali air itu kita bikinkan pinggir-pinggirnya kami bikinkan semacam selokan darurat itu untuk aliran airnya," katanya.

Saluran darurat ini dibuat di kiri maupun kanan lahan baru dengan kedalaman kurang lebih 50 senti.  Air dari lahan terbuka akan diarahkan ke selokan atau sungai yang ada di sekitar proyek. "Ya di selokan atau sungai. Nanti yang di tempat-tempat pembuangan itu kan ada sungai dekatnya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Syahdu! Makan Malam Pemimpin Negara di World Water Forum Bali Diiringi Lantunan Sape

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement