Advertisement

Tol Jogja-Solo Dibuka 5 April untuk Mudik Lebaran 2024, Ruas Colomadu-Ngawen Bisa Memangkas 15 Lampu Bangjo

Catur Dwi Janati
Rabu, 03 April 2024 - 12:27 WIB
Sunartono
Tol Jogja-Solo Dibuka 5 April untuk Mudik Lebaran 2024, Ruas Colomadu-Ngawen Bisa Memangkas 15 Lampu Bangjo Kendaraan melintasi jalan tol fungsional Solo-Yogyakarta di Klaten, Jawa Tengah, Selasa (2/4/2024). PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) akan membuka jalan tol fungsional Solo-Jogja sepanjang 22 km dari GT Colomadu atau GT Banyudono hingga keluar GT Ngawen, Klaten pada 5-15 April 2024 untuk mendukung kelancaran arus mudik libur Lebaran 2024. - Antara/Aloysius Jarot Nugroho - Spt.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—PT Jasamarga Jogja Solo (JMJ) selaku pengelola jalan Tol Solo-Jogja-YIA mengestimasi pengoperasian jalur fungsional jalan tol Colomadu-Ngawen atau Kartasura-Klaten akan memasang waktu tempuh pengendara hingga 25 menit. Tol Jogja-Solo akan dibuka untuk pemudik Lebaran 2024.

Estimasi tersebut diungkapkan langsung Direktur Utama PT JMJ, Rudy Hardiansyah. Jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo ruas Colomadu-Ngawen merupakan bagian dari pekerjaan tahap 1 Jalan Tol Jogja–Solo. Jalur fungsional ini akan dioperasikan saat periode arus mudik dan arus balik. 

Advertisement

BACA JUGA : Penyelesaian Proyek Tol Jogja-Solo Ruas Klaten-Purwomartani Diprediksi Molor, Ini Penyebabnya

Pemudik yang melalui jalur fungsional Tol Jogja-Solo ini disebut Rudi akan menghemat waktu waktu sekitar 25 menit. Pasalnya pemudik tidak perlu melewati belasan Alat Pemberi isyarat Lalu Lintas (APILL) yang tersebar di ruas jalan dari mulai Tugu Kartasura, Delanggu dan Jalan Raya Solo-Jogja. 

"Dengan melewati jalur fungsional ini, masyarakat tidak perlu melewati 15 titik lampu APILL serta menghemat waktu perjalanan dari akses Gerbang Tol Colomadu menuju Klaten hingga 25 menit jika dibandingkan dengan jalan nasional," ujar Rudy pada Rabu (3/4/2024).

Masyarakat yang hendak mudik via jalur fungsional Tol Jogja-Solo ini sebaiknya memahami arah arus kendaraan saat periode arus mudik maupun arus balik. Saat arus mudik yakni mulai 5-11 April 2024 jalur fungsional Tol Jogja-Solo akan berlaku satu arah dari Colomadu menuju Ngawen. Sementara pada periode arus balik, jalur fungsional Tol Jogja-Solo ini akan berlaku satu arah dari Ngawen menuju Colomadu terhitung mulai 12-15 April 2024. 

BACA JUGA : Tol Jogja-Solo Beroperasi Gratis saat Mudik Lebaran 2024, Ini Lokasi Exit Tollnya

Mekanismenya, jalur fungsional Jalan Tol Jogja-Solo ruas Colomadu-Ngawen akan beroperasi mulai pukul 06.00-17.00 WIB. Kendaraan yang diperbolehkan melewati jalur fungsional ini hanya kendaraan Golongan I non-bus/kendaraan kecil. Kecepatan maksimum para pengendara pun dibatasi selama melintasi jalur fungsional Tol Jogja-Solo.

 "Adapun untuk kecepatan maksimum pengguna jalan yang melewati jalur fungsional ini adalah 40 KM/jam," katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Warga Iran Dukung Langkah Pemerintah Menyerang Israel

News
| Sabtu, 20 April 2024, 12:47 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement