Advertisement

Penghimpunan Zakat Ramadan di Kulonprogo Rp2,9 Miliar, Disalurkan ke 3.879 Orang

Triyo Handoko
Kamis, 04 April 2024 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Penghimpunan Zakat Ramadan di Kulonprogo Rp2,9 Miliar, Disalurkan ke 3.879 Orang Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti (kiri) saat menyalurkan zakat berupa sembako ke pengayuh becak di Bumi Binangun. Humas Pemkab Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Penghimpunan zakat yang dilakukan Baznas di Bumi Binangun selama Ramadan ini terkumpul sebanyak Rp2,9 miliar. Zakat sebesar itu disalurkan ke 3.879 orang yang tergolong mustahik.

Penyaluran zakat pada bulan puasa tahun ini lebih banyak dari sebelumnya. Dimana pada Ramadan 2023, Baznas hanya menyalurkan Rp1,85 miliar.

Advertisement

Baznas Kulonprogo sudah mendata mustahik atau penerima zakat itu antara lain sebanyak 200 orang dari pasukan kuning atau penyapu kebersihan jalan, 1.200 tenaga honorer atau pegawai tidak tetap termasuk sukarelawan PMI Kulonprogo, hingga 100 pengayuh becak. "Selain itu juga sudah disalurkan ke 332 guru ngaji, 1.667 orang kaum rois, sebagian ada yang dalam bentuk paket sembako," kata Ketua Baznas Kulonprogo Alfanuha Yushida, Kamis (4/4/2024).

BACA JUGA: Ilmuwan Geologi Mengidentifikasi 75 Sesar Aktif di Pulau Jawa

Alfanuha menjelaskan perolehan zakat sebesar itu dari masyarakat umum, terutama aparatur sipil negara di lingkungan Pemkab Kulonprogo. "Meskipun sudah kami salurkan, kami tetap membuka penerimaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) pada Ramadan ini sampai 9 April nanti," ujarnya.

Zakat Fitrah juga dapat diterima Baznas Kulonprogo, jelas Alfanuha, dimana dapat disalurkan langsung ke kantor Baznas Kulonprogo. "Layanan akan terus kami buka, kantor akan terus stand by menerima zakat dari masyarakat luas untuk kami salurkan ke penerimanya," terangnya.

Sementara itu Penjabat Bupati Kulonprogo Ni Made Dwipanti Indrayanti yang turut menyalurkan zakat ke para pengayuh becak di Bumi Binangun menyebut ibadah ini bagian dari kepedulian kepada sesama. "Saya akan terus mendukung kegiatan-kegiatan yang berisi tentang kepedulian terhadap sesama, ini membuat kami  bangga, mari terus kita tingkatkan rasa kepedulian kita terhadap sesama," katanya.

Ni Made mengapresiasi kepada seluruh lembaga hingga perorangan yang sudah memberikan zakat, infak, dan sedekah tersebut. "Kepada para penerima bantuan, semoga bantuan ini bermanfaat dan membawa kebaikan. Mungkin memang tidak seberapa nilainya, akan tetapi semoga dapat sedikit membantu dan meringankan beban kebutuhan hidup," ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pengusaha Sumbangkan Rp27 Miliar untuk Timnas Indonesia

News
| Selasa, 30 April 2024, 04:37 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement