Advertisement

Bagi Takjil di Tugu Jogja, Elemen Masyarakat Serukan Pesan Jogja Damai

Yosef Leon
Minggu, 07 April 2024 - 19:57 WIB
Arief Junianto
Bagi Takjil di Tugu Jogja, Elemen Masyarakat Serukan Pesan Jogja Damai Suasana pembagian takjil sambil menyebarkan pesan damai oleh FKJR pada Minggu (7/4/2024) di Tugu Jogja. - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Forum Komunikasi Jogja Raya (FKJR) mengajak masyarakat Jogja untuk mengedepankan dialog dan situasi kondusif menyikapi sejumlah isu dan fenomena yang terjadi di lapangan.

Setelah Pemilu, sejumlah gejolak dan gesekan di lapangan mulai muncul dan diharapkan tidak menjadi masalah yang besar bagi kondusivitas wilayah. 

Advertisement

Imbauan itu dilakukan bersamaan dengan kegiatan berbagi takjil di kawasan Tugu Jogja pada Minggu (7/4/2024).

Para anggota membagikan sebanyak 150 paket takjil kepada masyarakat setempat dan pengguna jalan. Selain itu mereka juga membentangkan spanduk berisi pesan menjaga damai. 

Sekjen FKJR Andrian Hadi mengatakan, salah satu misi yang diemban pihaknya dalam berorganisasi yakni menjadi benteng keistimewaan Jogja serta menjaga situasi kondusif di wilayah setempat. Pihaknya mengaku siap menjaga kondisi Jogja agar aman dan damai. 

"Kami mengajak kelompok-kelompok yang ingin memperkeruh situasi keamanan dan kenyamanan masyarakat Jogja agar mengedepankan dialog dalam menyelesaikan persoalan yang ada," ujarnya. 

BACA JUGA: Rekomendasi Makanan Takjil Tradisional di Pasar Ramadan Kauman Jogja

Bakti sosial pembagian takjil itu, kata dia, merupakan program rutin yang digelar setiap bulan Ramadan. Bulan ini dianggap merupakan momentum yang tepat dalam berbagi dan mengajak masyarakat untuk tetap bijak menyikapi berbagai persoalan yang ada. 

"Ini kegiatan rutin kami setiap Ramadan. Kebetulan kami ada 7 korwil dan setiap kabupaten kota ada ditambah dengan Magelang dan Klaten," imbuhnya. 

Menurut Andrian, setelah Pemilu lalu yang banyak menciptakan sekat dan kotak-kotak di masyarakat akibat perbedaan pilihan hendaknya segera bersatu kembali. Jangan sampai momentum lima tahunan memecah persatuan bangsa. 

"Soal kondusivitas masyarakat Jogja yang pada Pemilu kemarin ada kotak-kotak atau terpecah akibat isu tertentu maka kami hadir mengajak semua elemen masyarakat untuk damai dan bersatu serta menjaga situasi Jogja agar istimewa," jelasnya. 

Andrian menambahkan, isu tak baik dan gejolak di masyarakat sudah mulai merebak di lapangan jelang lebaran mendatang. Salah satunya di Gunungkidul dengan adanya fenomena lebaran terlebih dahulu dari jemaah Aolia. "Kami tetap akan bersinergi dengan TNI Polri ketika ada isu tertentu kita akan kawal karena kita mau Jogja damai," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Taruna STIP Jakarta Meninggal karena Dianiaya, Kemenhub Ikut Investigasi

News
| Minggu, 05 Mei 2024, 22:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement