Advertisement

Bertemu KSAU, Sultan HB X Mendorong Pengembangan Teknologi Pertahanan

Yosef Leon
Minggu, 21 April 2024 - 17:57 WIB
Maya Herawati
Bertemu KSAU, Sultan HB X Mendorong Pengembangan Teknologi Pertahanan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X saat berfoto bersama seusai menerima audiensi dari jajaran TNU AU RI, Sabtu (21/4/2024). - ist - Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mendorong agar adanya kebijakan riset dan pengembangan teknologi militer untuk memajukan sektor pertahanan wilayah terutama sektor udara.

Hal itu diungkapkannya saat bertemu dengan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjanto dan jajaran di Gedhong Gadri, kompleks Kepatihan, Jogja, Sabtu (20/4/2024).

Advertisement

Sekda DIY Benny Suharsono yang turut mendampingi Sultan dalam pertemuan itu mengatakan, selama pertemuan terjadi dialog kebangsaan antara Gubernur DIY dengan KSAU, Dankodiklatau, Gubernur AAU serta Danlanud Adisutjipto. Mereka juga menyinggung tentang pentingnya pendidikan ideologi dan sejarah yang benar terhadap generasi muda sekarang utamanya melalui Akademi Angkatan Udara (AAU).

 “Pertemuan bicara soal isu nasional terutama tentang bagaimana memantapkan generasi sekarang melalui pendidikan khususnya di AAU dengan doktrin kesejarahan yang benar. Itu yang menarik. Termasuk membicarakan pengembangan potensi kedirgantaraan,” jelas Benny.

“Dialog kebangsaannya sangat luas dan bapak KSAU banyak mendengarkan dan menerima masukan dari Sri Sultan,” katanya.

Benny menambahkan, Sultan juga menekankan soal pentingnya membangun pertahanan Indonesia untuk bersaing dengan negara lain lewat riset dan teknologi. Pengembangan sektor militer yang mengedepankan dua hal itu niscaya akan mampu membuat sektor pertahanan nasional berkembang pesat dan bisa bersaing dengan negara luar.

BACA JUGA: RSUD Panembahan Senopati Bantul Segera Diperluas Menggunakan Tanah Kas Desa

“Misalnya begini, perang antara Rusia-Ukraina, mereka akhirnya perang teknologi. Kalau Indonesia kan penginnya beli alat, bukan mengembangkan teknologinya. Kalau alat, kapan pun akan terjadi ketertinggalan. Namun kalau pengembangan teknologi melalui riset tidak ada ketertinggalannya,” jelas Benny.

Benny juga menambahkan bahwa, tujuan dari kunjungan ini tak lain adalah untuk bersilaturahmi sekaligus mengundang Sri Sultan untuk menghadiri acara puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 TNI AU yang akan digelar Senin (22/4/2024) di AAU Jogja.

“Bapak KSAU mengharapkan kehadiran Gubernur DIY pada acara tersebut, tetapi Pak Gubernur bilang kalau sudah teragenda untuk acara Safari Syawalan bersama Bupati dan masyarakat Kulon Progo. Jadi direncanakan yang akan menghadiri acara puncak HUT ke-78 TNI AU adalah Bapak Wakil Gubernur DIY,” ungkap Benny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

3 Jenazah Pesawat Jatuh BSD Tiba di RS Polri, Posko Ante mortem dan Post Mortem Dibuka

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement