Advertisement

40 Anggota Osis Se-Kota Jogja Dapat Pendidikan Politik, Pelajari Seluk Beluk Parlemen

Alfi Annisa Karin
Selasa, 23 April 2024 - 22:47 WIB
Mediani Dyah Natalia
40 Anggota Osis Se-Kota Jogja Dapat Pendidikan Politik, Pelajari Seluk Beluk Parlemen Pendidikan politik yang diberikan Badan Kesbangpol Kota Jogja bersama DPRD Kota Jogja untuk memberikan pemahaman terkait kinerja anggota dewan di Kantor DPRD Kota Jogja, Selasa (23/4 - 2024) / Dokumentasi Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, UMBULHARJO—Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memberikan pendidikan politik kepada 40 anggota OSIS SMA di Kantor DPRD Kota Jogja, Selasa (23/4/2024). Ini merupakan upaya Badan Kesbangpol Kota Jogja untuk mengenalkan seluk beluk parlemen kepada pelajar.

Kepala Kesbangpol Kota Jogja Nindyo Dewanto mengatakan peserta merupakan pelajar kelas 10-11 SMA. Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin mengedukasi terkait dengan tugas pokok dan fungsi, kewenangan, hak, maupun lingkup pekerjaan anggota dewan. Harapannya, nanti akan menumbuhkan ketertarikan pelajar terhadap profesi anggota dewan dan terjadi regenerasi.

Advertisement

"Ini dimaksudkan bahwa ada regenerasi, ada ketertarikan dari teman-teman pelajar. Bahwa kebijakan daerah yang diambil itu prosesnya, persetujuannya, penganggarannya seperti ini. Memberikan gambaran kepada adik-adik itu bahwa Pemkot Jogja dalam membuat kebijakan pasti ada tahapan yang panjang untuk kemaslahatan masyarakat," ujar Nindyo, Selasa (23/4/2024).

Dia menambahkan pendidikan politik ini merupakan ketugasan Kesbangpol. Pihaknya juga turut bekerja sama dengan partai politik untuk memberikan pendidikan politik. Menurut Nindyo, kegiatan ini juga sebagai langkah antisipasi sikap antipati anak muda terhadap dunia politik. Akhirnya, nanti bisa turut mengantisipsi terjadinya golput pada para pemilih pemula.

"Ini setiap tahun kita adakan untuk pendidikan politik. Pendidikan politik tidak hanya oleh parpol, tapi kami juga melakukan pendidikan politik, salah satunya ke pelajar yang nanti menjadi pemilih pemula. Sehingga tidak antipati, tidak golput, tidak memberatkan terkait dengan pemilihan apapun yang ada di Kota Jogja," jelasnya.

Baca Juga

Digelar Serentak Bulan Depan, Pemilihan Ketua OSIS di Bantul Pakai Sistem Digital

Contoh Visi Misi OSIS Jenjang SMP, SMA dan SMK

Keren! SMPN 2 Srandakan Gelar Pemilihan Ketua OSIS lewat Ponsel

Sementara, Sekretaris Komisi A DPRD Kota Jogja Marwoto Hadi mengaku tak berharap banyak. Dia hanya berharap kegiatan ini bisa meningkatkan minat pelajar untuk tahu lebih dini terkait dengan lembaga anggota dewan. Sebab, menurutnya selama ini pengetahuan terkair lembaga DPRD masih sangat minim utamanya bagi para pelajar. Padalah, baginya anggota dewan merupakan profesi yang mulia.

"Segala peraturan yang ada di republik ini dibentuk, dibuat oleh lembaga dewan sehingga kami berharap interesting, pemahaman masyarakat. Terutama mulai dari usia dini tentang lembaga dewan itu sesuatu yang mulia untuk dilakukan," ujarnya.

Seusai pendidikan politik ini dilaksanakan, dia berharap akan terjadi komunikasi yang lebih baik lagi. Sebab, dalam ketugasannya anggota dewan membutuhkan aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat.

"Dewan butuh masukan untuk bisa kami bawa dalam rapat melalui parlemen. Harapannya ada interesting anak-anak yang mempunyai visi ke depan lebih bagus, kecerdasan dan kapasitas lebih bagus," harapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

LPS Gandeng DepositoBPR by Komunal Gelar Edukasi Finansial Untuk Karyawannya

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 04:17 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement