Advertisement

Ini Rencana Pemda DIY Setelah TPA Piyungan Ditutup

Yosef Leon
Selasa, 23 April 2024 - 18:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Ini Rencana Pemda DIY Setelah TPA Piyungan Ditutup Tumpukan sampah di TPA Piyungan Kabupaten Bantul. Antara - Hery Sidik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY bakal mengkaji TPA Piyungan akan disulap menjadi apa ke depannya setelah pusat pembuangan sampah tiga kabupaten kota tersebut ditutup pada akhir bulan ini menyusul dimulainya program desentralisasi sampah. 

Kepala DLHK DIY Kusno Wibowo mengatakan, pihaknya sudah memutuskan program desentralisasi sampah akan dimulai pada Mei mendatang. Artinya masih ada tujuh hari lagi bagi kabupaten kota untuk bersiap sebelum TPA Piyungan ditutup secara resmi. 

Advertisement

"Pengolahan sampah secara desentralisasi mulai Mei nanti berjalannya karena layanan di TPA Piyungan kami buka hanya sampai 30 April," jelasnya, Selasa (23/4/2024).

BACA JUGA: Viral Sampah Menumpuk Selama Seminggu di Pasar Beringharjo Timur, Sudah Diangkut Sisakan Bau Menyengat

Kusno menerangkan, setelah TPA Piyungan resmi ditutup pihaknya akan mulai melakukan penataan untuk zona transisi II terlebih dahulu. Setelahnya pada pertengahan tahun atau Juni mendatang akan dimulai pengkajian rencana terhadap TPA Piyungan. 

"Apakah nanti untuk edukasi atau wisata atau yang lain-lain itu berdasarkan hasil dari kajian kami. Mudah-mudahan untuk kajian sudah bisa dimulai Juni mendatang," ujarnya. 

Proses pengkajian TPA Piyungan akan dibuat seperti apa nantinya akan melibatkan pihak ketiga. Kusno menyebutkan, pihaknya juga bakal melibatkan banyak pihak dalam proses pengkajian itu di antaranya instansi yang terkait dengan persampahan, pendidikan, pariwisata dan sebagainya. 

"Untuk pengkajian nanti mungkin sambil jalan saja dengan proses penataan. Setelah ditutup proses pemeliharaan kan masih tetap berlangsung termasuk sarana prasarana di TPA Piyungan," katanya. 

Pihaknya berharap tahun ini mudah-mudahan kajian dan keputusan TPA Piyungan akan dibuat seperti apa ke depannya sudah diputuskan. Ihwal itu juga akan dilaporkan ke pejabat Pemda DIY untuk ditindaklanjuti ke depannya. 

Sementara, wacana soal Pemkot Jogja yang akan memakai sebagian lahan di TPA Piyungan sampai sekarang belum ada titik terang. Kusno menambahkan, informasi yang diterimanya setelah lebaran akan ada koordinasi lebih lanjut antara Pemkot Jogja dengan warga Srimulyo, tapi sampai sekarang belum ada perkembangan. 

"Kami belum ada info lebih lanjut, mungkin dalam beberapa waktu ke depan nanti akan ditindaklanjuti oleh Pemkot Jogja kembali," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Respon Ajakan Prabowo, Presiden Ingin Pertemuan Presidential Club Digelar Dua Hari Sekali

News
| Sabtu, 04 Mei 2024, 10:27 WIB

Advertisement

alt

Mencicipi Sapo Tahu, Sesepuh Menu Vegetarian di Jogja

Wisata
| Jum'at, 03 Mei 2024, 10:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement