Advertisement

Jelang Keberangkatan, Dinkes Jogja Pastikan Jemaah Haji Terima Vaksin Meningitis dan Covid-19

Alfi Annisa Karin
Jum'at, 10 Mei 2024 - 16:07 WIB
Lajeng Padmaratri
Jelang Keberangkatan, Dinkes Jogja Pastikan Jemaah Haji Terima Vaksin Meningitis dan Covid-19 Jemaah calon haji mengikuti upacara pelepasan di Convention Hall Simpang Lima Gumul, Kediri, Jawa Timur, Selasa (30/5/2023). - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJADalam waktu dekat, para calon jemaah haji akan berangkat ke tanah suci. Berbagai persiapan dilakukan, termasuk persiapan dari segi kesehatan. Kesehatan para calon jemaah haji turut dikawal oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja.

Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Kesehatan Dinkes Kota Jogja Lana Unwanah menyebut persiapan kesehatan para calon jemaah haji bahkan dilakukan setahun sebelum keberangkatan. Calon jamaah haji telah menjalani skrining kesehatan. Ini sebagai langkah antisipasi ketika ditemui adanya keluhan kesehatan, sehingga calon jemaah haji masih punya waktu untuk memulihkan kesehatannya.

Advertisement

BACA JUGA: Jemaah Calon Haji Disarankan Bawa Obat-obatan

“Di tahun keberangkatan akan dicek ulang, sehingga harapannya jamaah haji itu bisa secara sehat dan bugar. Selain itu, juga kita lakukan pengukuran kebugaran jasmani, pemeriksaan posbindu bagi jamaah haji. Kami berupaya mengondisikan jamaah haji supaya sehat dan bugar,” jelas Lana, Jumat (10/5/2024).

Saat beribadah haji, jamaah akan bertemu dengan jemaah haji dari berbagai negara lainnya. Kondisi ini dapat menjadi potensi penularan penyakit. Untuk itu, Dinkes Kota Jogja turut memberi fasilitas terhadap pemberian berbagai jenis vaksinasi. Misalnya, vakinasi meningitis dan vaksin Covid-19.

Meski kini tak lagi ada aturan secara spesifik yang mewajibkan vaksinasi Covid-19 pada jemaah haji, tapi Dinkes tetap memberikannya. Paling tidak, jamaah haji harus mendapatkan vaksinasi Covid-19 sebanyak dua dosis dan akan lebih baik jika mendapat dosis booster.

“Kami sudah berulang kali melaksanakan vaksin di tahun ini untuk yang covid khususnya jemaah haji. Tapi juga terbuka juga untuk masyarakat di Januari, terakhir di Maret. Kita sampaikan agar tetap kita prepare. Kalau sudah divaksin paling tidak ada perlindungan karena di tanah suci,” ungkapnya.

BACA JUGA: Ini Daftar Vaksinasi Wajib bagi Jemaah Calon Haji Sebelum ke Tanah Suci

Selain kedua vaksin itu, Lana mempersilahkan kepada jemaah haji untuk menambah vaksin influenza. Vaksin ini tak secara langsung difasilitasi oleh Dinkes. Namun, masyarakat tetap dapat mengakses di faskes dengan biaya tambahan. Di sisi lain, Lana menuturkan calon jemaah haji dengan penyakit tidak menular menjadi perhatiannya. Misalnya, penderita hipertensi, diabetes, hingga penyakit jantung.

“Itu terkait dengan gaya hidup harus sehat, atur pola makan yang baik, gizi seimbang, olahraga juga. Kalau sakit pakai masker untuk melindungi diri kita dan orang lain kita gunakan masker. Lalu juga perilaku hidup bersih dan sehat, cuci tangan pakai sabun. Saat ini sudah mulai kendor karena merasa aman padahal potensi (penyakit) masih banyak,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

ShariaCoin Luncurkan Tabungan Emas Syariah Pertama di Indonesia, Ini Keunggulannya

News
| Selasa, 21 Mei 2024, 01:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement