Advertisement

Operasi Gabungan di Depan Pasthy, Belasan Kendaaran Tanpa Kelengkapan Surat Terjaring Petugas

Lugas Subarkah
Senin, 13 Mei 2024 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Operasi Gabungan di Depan Pasthy, Belasan Kendaaran Tanpa Kelengkapan Surat Terjaring Petugas Petugas memeriksa kelengkapan surat kendaraan angkutan umum dan angkutan barang, di depan Pasthy, Senin (13/5/2024) - Istimewa/Pemkot Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Jogja menggelar operasi gabungan untuk angkutan umum dan angkutan barang di depan Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy), Senin (13/5/2024). Belasan kendaraan terjaring tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan.

Komandan Regu Operasi Gabungan Penegakakan Hukum Lalulintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Kota Jogja, Shidiq Rohadi, menjelaskan dipilihnya lokasi tersebut lantaran jalan Bantul merupakan salah satu perlintasan untuk kendaraan masuk dan keluar menuju Kota Jogja.

Advertisement

Operasi gabungan ini sebagai upaya memberikan kesadaran kepada para pengusaha angkutan umum maupun angkutan barang untuk mengurus kelengkapan surat kendaraan. “Operasi gabungan kali ini difokuskan pada kendaraan angkutan umum maupun angkutan barang. Bagi pelanggar tetap harus menjalani persidangan sesuai aturan yang ada," ujarnya.

Dalam operasi ini, para petugas menjaring total sebanyak 114 kendaraan angkutan barang untuk dilakukan pemeriksaan. Setelah diperiksa, terdapat 15 kendaraan yang kedapatan habis masa uji KIR dan tidak membawa kelengkapan surat kendaraan.

"Kami tidak hanya memeriksa kendaraan angkutan umum maupun barang milik para pengusaha saja, namun kendaraan milik pemerintah juga kami cek kelengkapannya. Tadi ada truk milik Dinas Lingkungan Hidup Kota Jogja juga kami berhentikan tapi tidak kami tindak karena dokumen kendaraannya lengkap," ungkapnya.

BACA JUGA: 1.400 Pengendara di Bantul Ditilang dalam Razia Operasi Keselamatan Progo 2024

Ia menegaskan operasi gabungan ini akan terus dilakukan agar para pengguna jalan taat terhadap kelengkapan dokumen kendaraan terutama dokumen uji berkala atau kir. "Ini tidak semata-mata untuk menindaklanjuti pelanggaran saja. Melainkan juga sebagai edukasi kepada masyarakat agar mereka taat pada aturan yang ada,” ujarnya.

Pihaknya berharap dengan adanya penertiban ini dapat memberikan kenyamanan untuk pengguna jalan serta dapat menciptakan keselamatan jalan bagi masyarakat. ‘Harapannya dapat menciptakan kenyamanan dan keselamatan di jalan bagi masyarakat,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perputaran Uang Judi Online Ribuan Anggota DPR Mencapai Rp25 Miliar

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Gunung Batu di Tiongkok Dijuluki Ujung Pisau Berkat Bentang Alamnya yang Unik

Wisata
| Minggu, 23 Juni 2024, 13:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement