Advertisement

DKPP Bantul Gandeng Polres Bantul Olah Wedi Kengser Jadi Lahan Pertanian, Ini Lokasinya

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 14 Mei 2024 - 23:17 WIB
Arief Junianto
DKPP Bantul Gandeng Polres Bantul Olah Wedi Kengser Jadi Lahan Pertanian, Ini Lokasinya Panen padi / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Bantul bersama Polres Bantul akan memanfaatkan lahan wedi kengser untuk pertanian. Langkah tersebut diambil untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Bantul.

Kepala DKPP Bantul, Joko Waluyo menyampaikan pihaknya tengah mencari tanah bero yang belum dimanfaatkan untuk pertanian. Dia menuturkan saat ini 7 hektare lahan yang telah dibuat demplot untuk pertanian. "Saat ini lahan tersebut tengah diolah di Ngentak, Poncosari, Srandakan. Harapannya awal Juni [2024] kami tanam perdana," katanya, Selasa (15/4/2024).

Advertisement

Nantinya, lahan wedi kengser tersebut akan diolah oleh masyakat setempat. Pihaknya akan memberikan pupuk dan pompa air dari pemerintah pusat ke petani di sana. 

Dia menuturkan pihaknya mendorong petani untuk menanam tanaman pangan padi dan jagung yang sesuai karakteristik tanah. 

Sementara menurut Joko, proses pengolahan lahan wedi kengser didukung oleh Polres Bantul. "Pihak kepolisian yang membantu pengolahan wedi kengser," katanya.

Sementara Kasi Humas Polres Bantul, AKP I Nengah Jeffry Prana Widnyana menyampaikan penanaman lahan pertanian tersebut dilakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan di Bantul. Saat ini pihaknya baru mendapatkan 6 hektare lahan dari total target lahan yang akan diolah mencapai 30 hektare. "Kami masih koordinasi dan mencari lahan yang perlu dan dapat ditanami," ujarnya.

BACA JUGA: WEDI KENGSER : Warga Penggarap Lahan Minta Perlindungan Bupati

Menurut Jeffry, penanaman lahan tersebut akan melibatkan kelompok tani setempat. Sementara hasil panennya akan dimanfaatkan pula oleh masyarakat setempat. 

"Ini bukan bisnis, tujuan utamanya bukan mencari untung, tetapi kami berupaya memanfaatkan lahan kosong untuk memperbanyak lahan pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan di Bantul, syukur bisa ke luar Bantul," ujarnya.

Dia menuturkan pihaknya akan membantu petani dalam proses pembukaan lahan, pengolahan tanah, pembuatan sumur dan irigasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Direkrut BKKBN, Ribuan Bidan Jadi Pahlawan Cegah Stunting Serta Dapatkan Angka Kredit Profesi

News
| Jum'at, 18 Oktober 2024, 11:27 WIB

Advertisement

alt

Komunitas Vespa di Jogja Memulai Perjalanan ke Sabang Demi Mendapatkan Biji Kopi Lokal Setiap Daerah

Wisata
| Rabu, 16 Oktober 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement