Advertisement

Perhatian Orang Tua Bisa Jadi Resep Jitu Mengatasi Ekstrimisme dan Radikalisme

Media Digital
Senin, 20 Mei 2024 - 16:47 WIB
Maya Herawati
Perhatian Orang Tua Bisa Jadi Resep Jitu Mengatasi Ekstrimisme dan Radikalisme Suasana sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme DIY di Pondok Pesantren Sunan Ampel di Padukuhan Banjeng, Maguwoharjo, Depok, Senin (20/5/2024). Harian Jogja - David Kurniawan

Advertisement

SLEMAN—Anggota DPRD DIY bekerja sama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar sosialisasi Pencegahan dan Penanggulangan Ekstrimisme Berbasis Kekerasan yang Mengarah pada Terorisme DIY di Pondok Pesantren Sunan Ampel di Padukuhan Banjeng, Maguwoharjo, Depok, Senin (20/5/2024). Diharapkan program ini dapat membatasi ruang gerak penyebaran radikalisme dan ekstrimisme.

Anggota Komisi D DPRD DIY, Sofyan Setyo Darmawan mengatakan kegiatan pencegahan penanggulangan ekstrimisme berbasis kekerasan yang mengarah pada terorisme merupakan bagian dari dari sosialisasi Perda No.1/2022 tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan. Oleh karenanya dibutuhkan suatu sarana agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga agar paham radikalisme di mayarakat bisa dicegah.

Advertisement

“Nilai-nilai dalam Pancasila dan wawasan kebangsaan harus dijaga agar tidak salah arah terjerumus dalam kegiatan yang dapat merugikan banyak orang,” katanya, Senin siang.

Menurut dia, upaya menjaga keamanan dan ketertiban Masyarakat bukan semata-mata menjadi tugas dari Pemerintah. Pasalnya, Masyarakat juga memiliki andil yang besar untuk mewujudkan keberagaman yang baik serta kemanusiaan yang adil dan beradab.

“Jadi harus mengambil peran agar terhindar dari perilaku yang biadab untuk mewujudkan kemanusiaan yang beradab,” katanya.

Hal tak jauh berbeda disuarakan oleh Kepala Bidang Bina Ideologi dan Kewaspadaan Nasional, Kesbanpol DIY, Djuli Sugiarto. Menurut dia, cikal bakal Indonesia sudah terlihat sejak tahun 500 masehi yang merupakan bangsa yang besar melalui Kerajaan. Cakupannya tidak hanya meliputi Indonesia saat ini, tapi juga merambah ke Kawasan Asia Tenggara hingga Australia.

“Kunci dari kebesaran itu adalah keberagaman. Oleh karenanya, keberagaman itu harus terus dijaga,” katanya.

Ia mengakui sosialisasi ini juga menjadi bagian untuk mewujudkan rasa cinta Tanah Air sehingga paham-paham ekstremisme atau radikalisme dapat dicegah. “Jangan sampai ada yang melakukan aksi-aksi intoleransi. Ini harus dicegah dan Masyarakat harus ikut berpartisipasi,” katanya.

Mitra Binaan Polda DIY (Mantan Napiter) Dwi Sosiadi dalam acara ini menyampaikan bagaimana ia terpapar radikalisme.

“Memperdalam agama itu sangat baik, tetapi jangan salah mengikuti kajian dengan guru yang salah. Harus hati-hati dengan pengajian-pengajian yang akan membawa ke arah radikal, karena akan membawa kita pada intoleransi. Itulah yang menjadikan [kita] terpapar paham yang tidak benar [radikalisme],” ujarnya. (***)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement