Advertisement

Disdukcapil Jogja Dorong Pelajar dan Warga Usia 16 Tahun Lakukan Perekaman KTP-El

Alfi Annisa Karin
Minggu, 26 Mei 2024 - 17:27 WIB
Ujang Hasanudin
Disdukcapil Jogja Dorong Pelajar dan Warga Usia 16 Tahun Lakukan Perekaman KTP-El Ilustrasi perekaman e-KTP - dok - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, Jogja- Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Jogja masih terus mengejar ketercapaian perekaman KTP Elektronik. Selain menyasar lansia dan warga dengan keterbatasan fisik, Dukcapil juga berfokus untuk menyasar warga Kota Jogja berusia 16 tahun untuk melakukan perekaman KTP Elektronik.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Jogja Trisminingsih menuturkan capaian warga Kota Jogja yang telah melakukan perekaman KTP Elektronik terbilang tinggi. Hingga saat ini telah mencapai 99,6 persen. Namun, pihaknya tetap mendorong warga berusia menuju 17 tahun untuk melakukan perekaman KTP Elektronik.

Advertisement

"Anak usia 16 tahun sudah bisa melakukan perekaman KTP Elektronik. Tapi, KTP Elektroniknya baru bisa diambil saat usia memasuki 17 tahun," ujarnya.

Dia memastikan persyaratan pembuatan adminduk mudah. Dia berharap kesadaran masyarakat juga meningkat seiring dengan kemudahan-kemudahan yang diberikan. Sebab, masyarakat yang belum memahami pentingnya kepemilikan adminduk cukup menjadi kendala.

BACA JUGA: Jelang Pemilu, Pencetakan KTP Elektronik di Jogja Membeludak

Berbagai upaya dilakukan Dinas Dukcapil untuk semakin memudahkan akses warga dalam membuat KTP Elektronik. Misalnya, dengan upaya jemput bola. Lalu, bisa juga mendatangi Mal Pelayanan Publik dan Kantor Dinas Dikpora Kota Jogja bagi pelajar. Upaya jemput bola juga menyentuh masyarakat yang punya keterbatasan fisik. Dukcapil tetap memberi pelayanan meski hanya ada satu orang yang dilayani.

"Selain itu, warga bisa mengunjungi drive thru untuk membenahi KTP yang rusak atau hilang dengan menyertakan surat keterangan hilang dari kepolisian dan membawa Kartu Keluarga (KK)," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Generasi Muda Diajak Memerangi Judi Online, Menkominfo: Meresahkan

News
| Senin, 17 Juni 2024, 18:07 WIB

Advertisement

alt

Mantap, Hidupkan Laguna Pengklik, Pemuda di Srigading Bikin Wisata Kano

Wisata
| Minggu, 16 Juni 2024, 20:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement