Advertisement

Lebih Dari 150.000 Penduduk Gunungkidul Adalah Lansia

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 29 Mei 2024 - 20:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Lebih Dari 150.000 Penduduk Gunungkidul Adalah Lansia Warga lansia - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (Dinsos-PPPA) Kabupaten Gunungkidul mencatat ada lebih dari 20% atau sekitar 150.000 penduduk Gunungkidul merupakan lansia.

Kepala Dinsos-PPPA Gunungkidul, Asti Wijayanti mengatakan besarnya jumlah penduduk lansia menjadi perhatian dan pemikiran bersama yang mengarah pada kehidupan lansia yang sehat, bahagia, dan bermanfaat.

Advertisement

Guna meningkatkan kesedaran pemangku kepentingan dan masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan lansia, Pemkab Gunungkidul rutin menggelar Hari Lanjut Usia Nasional (Haluan). Pada 2024, Halun memasuki perayaan yang ke-28.

Peringatan Halun tahun ini digelar di Lapangan Trowono, Karangasem, Paliyan. Rangkaian peringatan diawali dengan senam bersama, dilanjutkan dengan deklarasi, upacara, hiburan khusus untuk lansia, dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Dalam rangkaian tersebut, ada sebanyak 270 lansia dari seluruh Kabupaten Gunungkidul terlibat, dengan dukungan dari sepuluh Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) pendamping.

Baca Juga

Pemilihan Duta Lansia Kuak Resep Lansia Sehat : Nrimo, Aktif Berkarya, Jaga Pola Makan

Antisipasi Ageing Population, Pemkab Sleman dan BKKBN Rilis Sekolah Lansia

Cegah Kepikunan, Dinas P3AP2KB Sleman Kembali Luncurkan Sekolah Lansia

Bupati Gunungkidul Sunaryanta juga mengatakan bahwa ada sekitar 150.000 penduduk Gunungkidul dari total 776.622 penduduk merupakan lansia. Dari jumlah tersebut, dia memperkirakan ada 32.000 lansia berusia di atas 74 tahun.

Menurut dia, jumlah lansia itu tergolong sangat besar. Sebab itu, terdapat tantangan tersendiri bagi Pemkab Gunungkidul dalam memberikan perhatian dan pelayanan terbaik. Dia juga menyoroti kegiatan ramah lansia yang belum sepenuhnya terlaksana di semua tempat.

“Mudah-mudahan program ramah lansia bisa menjadi embrio yang berkembang, membawa manfaat besar bagi lansia Gunungkidul, dan menjadi inspirasi bagi daerah lain,” kata Sunaryanta dalam keterangan tertulis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aliran uang Korupsi Kementan ke Green House Pimpinan Parpol Bakal Diungkap SYL

News
| Jum'at, 05 Juli 2024, 19:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement