Advertisement

44 Usaha Kulonprogo Dapat Sertifikat Merek secara Gratis

Triyo Handoko
Jum'at, 07 Juni 2024 - 14:37 WIB
Mediani Dyah Natalia
44 Usaha Kulonprogo Dapat Sertifikat Merek secara Gratis Suasana penyerahan sertifikat merek dari Kemenkumham yang diberikan Kepala Disdagin Kulonprogo, Sudarna kepada pelaku usaha yang mengikuti program pendampingan tersebut. Dok Disdagin Kulonprogo

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Fasilitasi pendaftaran merek kepada pelaku usaha di Bumi Binangun oleh Dinas Perdagangan dan Industri (Disdagin) Kulonprogo berhasil diperoleh untuk 44 usaha. Sertifikasi merek usaha ini diberikan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham)

Sebanyak 44 merek itu diberikan Kemenkumham bagi pelaku usaha lokal Kulonprogo antara lain Geblek Pepayan, Rupa-rupa Batik, Ajwin by DonatKu, Gegojegan, hingga Mulia Beton. Disdagin Kulonprogo sendiri punya dua program fasilitasi pendaftaran merek yang tak dipungut biaya sama sekali itu.

Advertisement

Kepala Disdagin Kulonprogo, Sudarna pada Jumat (7/6/2024) menjelaskan dua program sertifikasi merek yaitu fasilitasi pendampingan mandiri dan klinik hak kekayaan intelektual (HKI) kerja sama dengan Kanwil Kemenkumham DIY. "Lewat dua program itu yang dijalankan sejak 2022, total sudah ada 52 usaha yang didampingi untuk mendapatkan sertifikasi merek," ujarnya.

Dari 52 usaha itu yang sudah dapat menerima sertifikasi merek sebanyak 44 pelaku usaha. Rinciannya tujuh usaha masih dalam proses peninjauan oleh Kemenkumham, sedangkan satu usaha permohonanya sudah ditolak.

Baca Juga

4 Produk Lokal DIY Mendapatkan Sertifikasi Indikasi Geografis, Ini Manfaatnya

Demi Sertifikat Ini, Sentra Industri Gerabah Kasongan Didaftarkan ke Kemenkumham

MUI dan BPJPH Beri Sertifikat Halal Grade A kepada Seluruh Outlet Janji Jiwa, Jiwa Toast dan Jiwa Tea

Sudarna menerangkan program pendampingan fasilitasi sertifikasi merek itu dilakukan dinasnya agar produk lokal Kulonprogo dapat terus berkemabang. "Terutama menjaga keamanan dan untuk menembus pasar lebih luas lagi, agar produk lokal bisa terus berkembang," jelasnya.

Sementara itu Kepala Bidang Perindustrian Disdagin Kulonprogo Ade Wahyudianto menerangkan program fasilitas merek ini akan terus dijalankannya. "Mengingat fungsi dan tujuan program ini penting maka akan terus dilanjutkan, kami harap pelaku usaha juga aktif supaya makin banyak produk lokal yang jadi unggulan," paparnya.

Terbaru pada awal Juni ini Disdagin Kulonprogo, sambung Ade, melakukan pendampingan ke 30 pelaku usaha untuk bisa mengakses sertifikasi merek tersebut. "Jika dilakukan mandiri oleh pelaku usaha biayanya Rp1,8 juta, kalau lewat kami semuanya gratis karena kami yang menanggung biaya pendaftaran dan pemberkasan ke Kemenkumham," terangnya.

Selama pendampingan sertifikasi merek, kata Ade, seluruh persiapan hingga putusan Kemenkumham akan dibantu Disdagin Kulonprogo. "Kami pendampingannya mengikuti setiap kebutuhan pelaku usaha, ada yang perlu izin tertentu sebagai syarat maka kami dampingi dalam pengurusannya, semuanya jadi lebih mudah asal diusahakan bersama," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Server Pusat Data Nasional Down Empat Hari, Pengguna Diminta Backup Data

News
| Senin, 24 Juni 2024, 16:47 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement