Advertisement

LO DIY Bakal Pantau Pelaksanaan PPDB DIY 2024

Yosef Leon
Selasa, 11 Juni 2024 - 16:07 WIB
Mediani Dyah Natalia
LO DIY Bakal Pantau Pelaksanaan PPDB DIY 2024 PPDB Online - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Lembaga Ombudsman (LO) DIY mengaku telah mendapatkan beberapa aduan dari orang tua murid yang ingin berkonsultasi soal pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) SMAN/SMKN 2024. Lembaga ini pun telah berkoordinasi dengan instansi terkait lainnya untuk merespons persoalan yang disinyalir muncul ke depannya.

Anggota LO DIY Abdullah Abidin mengatakan secara resmi pihaknya baru akan memantau pelaksanaan PPDB 2024 pada 20-25 Juni mendatang. Pada saat itu PPDB 2024 masuk pada tahap pengajuan akun/aktivasi token serta pendaftaran dan seleksi PPDB untuk seluruh jalur. Petugas, kata dia tidak hanya memantau langsung ke sekolah, tapi juga mewawancara.

Advertisement

Baca Juga: PPDB SMA/SMK DIY 2024: Ini Daya Tampung Kursi SMA Favorit di Kota Jogja

"Selain terjun langsung ke sekolah yang kami pilih secara acak, nanti juga ada wawancara sebagai instrumen untuk melihat bagaimana pelaksanaan PPDB secara keseluruhan untuk tahun ini," jelasnya, Selasa (11/6/2024).

Dia menyebut beberapa aduan dan konsultasi dari orang tua murid sudah ada yang masuk ke jawatannya. Rata-rata aduan masih bersifat teknis dan pertanyaan tentang mekanisme syarat pada jalur tertentu. Salah satunya yang menonjol adalah persoalan penambahan nilai non prestasi, banyak orang tua yang bingung ihwal tersebut.

"Masalah syaratnya yang harus menggunakan SK kejuaran, tapi sudah langsung direvisi menggunakan SK yang punya saja. Bagi yang tidak punya cukup unggah sertifikat asli kejuaran," katanya.

Baca Juga: PPDB SMA/SMK DIY 2024: Ini Jadwal Aktivasi Token Pendaftaran Seleksi Jalur Zonasi Radius, Afirmasi dan Perpindahan Orang Tua

Di sisi lain seleksi PPDB SMAN/SMKN pada jalur prestasi ‎dan zonasi baik reguler maupun radius disinyalir akan berlangsung cukup ketat di wilayah DIY. Pasalnya dari data yang dihimpun ada gap yang cukup besar antara jumlah lulusan SMP/MTs dengan daya tampung sekolah SMAN/SMKN seluruh DIY.

Adapun jumlah lulusan SMP/MTs di DIY pada tahun ajaran 2023/2024 berkisar 58.451 siswa, sementara daya tampung SMA/SMK di DIY sekitar 33.279 siswa dengan rincian SMAN sebanyak 15.016 siswa dan SMKN 18.263 siswa. Dengan kondisi itu tentu tidak semua lulusan mampu ditampung oleh sekolah negeri, sehingga persaingan antar calon murid bakal cukup ketat.

Baca Juga: PPDB DIY 2024: Dikpora DIY Imbau Calon Murid Cermat dan Proaktif

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY Didik Wardaya menyebutkan, orang tua murid dan calon murid harus cermat dan matang dalam menentukan pilihan sekolah. Jangan sampai akibat ego pribadi dan ikut-ikutan memilih sekolah yang salah dan berpotensi merugikan calon murid itu sendiri. Perlu pemetaan kapasitas dan peluang anak agar bisa masuk ke sekolah yang sesuai dengan kriterianya.

"Langkah itu bisa dilakukan dengan mencermati sebaran nilai gabungan, akreditasi sekolah dan jumlah kalurahan/kelurahan dalam zona I. Apabila posisi nilainya tidak aman, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk masuk di sekolah tertentu," kata Didik.

Menurutnya, masuk atau tidaknya calon murid pada sekolah pilihan tidak hanya bergantung pada nilai semata. Melainkan juga faktor ketelitian dan cerdas dalam strategi pemilihan sekolah. Sebab banyak calon murid dengan perolehan nilai yang tinggi tapi tidak masuk di sekolah pilihan lantaran berbagai sebab pada penyelenggaraan PPDB tahun sebelumnya.

"Calon murid juga harus memperhatikan zonasi di mana dia tinggal jika mendaftar di jalur itu. Kemudian pada jalur prestasi sebaiknya harus dilihat tingkat persaingan di masing-masing sekolah yang akan dipilih," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Gempur Rokok Ilegal

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perputaran Uang Judi Online Ribuan Anggota DPR Mencapai Rp25 Miliar

News
| Rabu, 26 Juni 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Inilah Rute Penerbangan Terpendek di Dunia, Naik Pesawat Hanya Kurang dari 2 Menit

Wisata
| Sabtu, 22 Juni 2024, 11:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement