Advertisement

Update Tol Solo-Jogja-YIA, Sleman-Klaten Segera Tersambung

Catur Dwi Janati
Rabu, 12 Juni 2024 - 07:47 WIB
Abdul Hamied Razak
Update Tol Solo-Jogja-YIA, Sleman-Klaten Segera Tersambung Proses erection girder di Malang Jiwan, Kebonarum, Klaten pada Jumat (7/6/2024) dan Sabtu (8/6/2024). - Istimewa // PT. Jasamarga Jogja/Solo

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan Tol Solo-Jogja-YIA di Seksi 1 Paket 1.2 Klaten-Purwomartani terus dikebut. Terbaru, kontraktor melakukan pemasangan proses erection girder sebagai kerangka jembatan Malang Jiwan di Kebonarum, Klaten.

Manager Humas PT. Jasamarga Jogja-Solo (JMJ), Rachmat Jesiman menjelaskan pembangunan erection girder pada proyek Tol Solo-Jogja-YIA tepatnya di STA 26+600 telah dikerjakan.

Advertisement

BACA JUGA: Pengerjaan Material Timbunan Tol Jogja Solo Semakin Masif

Girder jelas Rachmat merupakan gelagar jembatan yang berbentuk balok dan diletakkan di antata dua penyangga. Komponen ini penting untuk menyalurkan beban ke struktur bawah jembatan.

"Pengerjaan erection girder di proyek jalan Tol Solo-Jogja-YIA tepatnya di STA 26+600 yang akan menjadi penghubung jembatan Malang Jiwan di Desa Malang Jiwan, Kebonarum, Klaten," jelas Rachmat dikonfirmasi pada Selasa (11/6/2024).

Secara spesifik ada 12 girder yang sudah terpasang di lokasi tersebut. Masing-masing girder memiliki panjang hingga 40 meter.

Dalam pemasangannya, erection girder di Malang Jiwan dikerjakan selama dua hari. Rinciannya, enam buah girder dipasang pada Jumat (7/6/2024) dan enam buah lainnya dipasang pada Sabtu (8/6/2024).

"Pelaksanaan erection girder ini nantinya akan menjadi Jembatan Malang Jiwan," tegasnya.

Rachmat menambahkan bila proses pemasangan girder telah dilakukan sesuai dengan syarat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang belaku. Pemasangan girder memperhatikan keselamatan pekerja proyek maupun pengguna jalan.

"Semua berhasil diperhitungkan secara matang dan tidak terjadi kesalahan," tandasnya.

Diungkapkan Rachmat pemasangan 12 girder jembatan di Malang Jiwan menjadi salah satu progres positif dalam pembangunan Tol Jogja-Solo-YIA. Pengerjaan erection girder ini juga membuat makin banyak ruas penggarapan yang kini telah terhubung.

"Terhubungnya jembatan Malang Jiwan menjadi catatan progres terkini pembangunan proyek jalan Tol Jogja-Solo-YIA pada paket 1.2," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Masyarakat Adat Perlu Diajarkan Manajemen Program Food Estate

News
| Minggu, 29 September 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement