Advertisement

Balai Bahasa Yogyakarta Sosialisasikan Santun Berbahasa di Medsos

Nugroho Nurcahyo
Selasa, 25 Juni 2024 - 20:22 WIB
Budi Cahyana
Balai Bahasa Yogyakarta Sosialisasikan Santun Berbahasa di Medsos Kepala Balai Bahasa Yogyakarta (BBY) Dwi Pratiwi menyampaikan materi pembuka pada kegiatan Sosialisasi Pelayanan Profesional Bidang Bahasa Hukum, Selasa (25/6/2024). - Harian Jogja/Ist. BBY

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL–Balai Bahasa Yogyakarta (BBY) mengajak sejumlah profesional terutama di bidang kehumasan dan jurnalistik agar lebih memperhatikan penggunaan bahasa yang dapat berdampak pada jeratan pidana melalui kegiatan Sosialisasi Pelayanan Profesional Bidang Bahasa Hukum.

Acara ini menjadi salah satu upaya Balai Bahasa DIY untuk memberikan pencerahan kepada pemangku kepentingan tentang adanya potensi pelanggaran hukum dari penggunaan bahasa,” kata Kepala Balai Bahasa Yogyakarta (BBY) Dwi Pratiwi di sela-sela acara yang mengambil tema Kesantunan Berbahasa sebagai Strategi Pencegahan Tindak Kejahatan Berbahasa, Selasa (25/6/2024).

Advertisement

Acara yang digelar pagi hingga sore di Grand Rohan Jogja ini diikuti 47 peserta lintas profesi, yang terdiri dari binmas polres kabupaten/kota, Humas Setda DIY, bidang kepemudaan kabupaten/kota, dinas kominfo provinsi/kabupaten/kota, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dari kabupaten/kota di DIY, Dinas DP3AP2KB provinsi/kabupaten/kota, MKKS kabupaten/kota, Persatuan Wartawan Indonesia DIY, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Yogyakarta, Asosiasi Media Siber Indonesia DIY, dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Klas II Yogyakarta.

BACA JUGA: Ramsomware LockBit 3.0 Mengancam PDN dan Keamanan Global, Ini Rekam Jejaknya

Dwi berharap dengan adanya sosialisasi ini para pemangku kepentingan dapat menyebarluaskan masyarakat di bawah wewenang lingkungan kerjanya agar semakin peduli pentingnya kesantunan berbahasa.

Selain Dwi Pratiwi, materi dalam kegiatan sosialisasi juga disampaikan sejumlah tokoh di antaranya dari Polda DIY, akademisi UGM dan UIN Sunan Kalijaga.

Penyidik Pidana Siber Ditreskrimsus Polda DIY, AKP Akhmad Irwan, melalui presentasinya bertema Penggunaan Bahasa di Media Sosial yang Berpotensi Menjadi Tindak Pidana, menyampaikan kasus laporan dan aduan mengenai kejahatan siber semakin bertambah. Polda DIY, kata dia, selama ini telah berkolaborasi dengan ahli dari BBY untuk membantu penyidikan kasus-kasus yang berhubungan dengan penafsiran bahasa, terutama dalam kasus penyerangan kehormatan seseorang yang dilakukan di dunia siber.

Adapun ahli linguistik dari FIB UGM, Sailal Arimi, memaparkan bagaimana rumitnya menentukan ujaran kebencian dari perspektif linguistik forensik. Terakhir, akademikus dari UIN Sunan Kalijaga Andayani mengungkapkan kecenderungan hiperrealitas dalam informasi yang diterima masyarakat melalui gadget yang mendorong perubahan perilaku sosial masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenperin Terbitkan Platform JIS dan Polimer untuk Percepatan Layanan Industri

News
| Sabtu, 28 September 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Menyusuri Assos, Permata di Aegean Utara Turki

Wisata
| Sabtu, 28 September 2024, 01:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement