Advertisement

Omah Ijo, Tempat Makan Masakan Khas Jawa di Sleman Utara yang Buka hingga Malam

Ujang Hasanudin
Minggu, 30 Juni 2024 - 11:17 WIB
Ujang Hasanudin
Omah Ijo, Tempat Makan Masakan Khas Jawa di Sleman Utara yang Buka hingga Malam Omah Ijo Rumah makan dengan nuansa pedesaan di di Jalan Raya Turi -Pakem, Klarangan, Harjobinangun, Pakem Sleman. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Selain dikenal dengan kota pelajar, kota wisata dan budaya, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga terkenal kaya dengan cita rasa kulinernya. 

Ada banyak tempat makan dan restoran yang menyajikan berbagai khas makanan untuk wisatawan baik makanan tradisional hingga modern. Salah satu tempat makan yang menyajikan menu makanan khas Ndeso adalah Omah Ijo.

Advertisement

Restoran yang berlokasi  di Jalan Raya Turi -Pakem, Klarangan, Harjobinangun, Pakem Sleman ada banyak pilihan menu khas Ndeso seperti pecel, bakmi jawa, aneka prasmanan dan masih banyak lagi. Selain itu juga banyak menu modern seperti yang baru diluncurkan.

Selain menunya khas tradisional, juga terlihat dari bangunannya yang tradisional. Omah Ijo mengusung konsep bangunan khas Jawa yakni Joglo yang dicat warna hijau (Ijo).

Di dalamnya juga dilengkapi dengan perabotan khas rumah Jawa tempo dulu. Suasana bertambah asri karena di tempat tersebut juga melintas sungai yang airnya jernih, banyak ditemui aneka tanaman ,ada gazebo serta terdengar suara kicau burung yang dipelihara sang empunya resto.

Kemudian juga banyak spot-spot cantik dengan nuansa pedesaan buat foto-foto yang instagramable. Joglo ini ada dua, satu khusus menu kambing seperti sate dan gule. Sementara joglo satunya menu mie jawa, masakan tradisional dan western ditambah menu baru yang dikenalkan yakni chinese food.

BACA JUGA: Makan Murah di Jogja Versi Mahasiswa, Cek Tempatnya

BACA JUGA: Warung Makan Yu Ngademi, Kuliner Legendaris Penghuni Pasar Ngasem

"Saya melihat pasar untuk kuliner di Yogyakarta ini sangat terbuka luas. Untuk itulah kami menghadirkan tambahan menu agar semakin banyak pilihan yang bisa dinikmati oleh para pengunjung Omah Ijo," kata General Manager (GM) Omah Ijo, Oscar Marbun dalam siaran tertulisnya, Minggu (30/6/2024).

Soal harga, kata Oscar, tidak perlu khawatir karena pihaknya membandrol jauh di bawah harga pasaran untuk masakan dan resto sejenis di Yogyakarta.

Oscar pun mengklaim rasa masakan di Omah Ijo setara dengan hotel berbintang karena memang dirinya menggandeng Chef berpengalaman bernama Pujianto yang puluhan tahun telah malang melintang di berbagai hotel bintang tanah air maupun juga di resto Chinese food yang terkenal.

Restoran cocok untuk pribadi, keluarga, maupun rombongan. "Saat ini kami sedang mempersiapkan tempat meeting yang tertutup,masih dalam proses pembangunan,kalau yang buat rapat secara outdoor sudah ada. Untuk ada daya tampung bisa hingga 300 orang termasuk bisa untuk wedding juga,"kata Oscar.

Harga Makanan

Chef Pujianto sendiri dalam peluncuran menu baru menyajikan sapi lada hitam,aneka dimsum,lumpia basah serta spageti aglio e oleo.

Spageti aglio e olio adalah pasta italia tradisional dari Naples. Hidangan ini dibuat dari tumisan yang diiris dicincang atau perasan sari bawang putih dalam minyak zaitun kadang-kadang dengan tambahan bubuk cabe kering yang kemudian dicampurkan ke spageti.

"Kelebihan di tempat kami adalah harga makanan yang sangat terjangkau rata-rata pada kisaran Rp 35.000 kecuali untuk sapi lada hitam. Dan soal rasa kami memberikan jaminan pasti enak,"kata Chef Pujianto. Dan hidangan ini sudah bisa dinikmati oleh pengunjung di "Omah Ijo" begitu diluncurkan.

Chef Puji juga sedang mempersiapkan hidangan lainnya yakni bebek peking yang nanti dalam waktu dekat bebeknya khusus didatangkan dari Jawa Barat. Bebek peking ukuran tubuhnya lebih besar dibanding bebek biasa.

Peking Duck adalah hidangan khas Tiongkok yang terkenal di seluruh dunia dengan sejarah lebih dari 400 tahun.Dengan kombinasi rasa asin dan manis serta daging bebek yang empuk dengan warna kemerahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemiskinan di Jateng Turun 0,30 Persen, Pj Gubernur Jateng Minta Semua Pihak Tetap Bekerja Keras

News
| Senin, 01 Juli 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement