Advertisement

Disbud Jogja Dorong Plang Nama Jalan di Jogja Semua Dilengkapi Aksara Jawa

Alfi Annisa Karin
Selasa, 02 Juli 2024 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Disbud Jogja Dorong Plang Nama Jalan di Jogja Semua Dilengkapi Aksara Jawa Ilustrasi papan nama jalan di Jogja. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Jogja menggelar lokakarya penulisan aksara Jawa di Embung Giwangan, belum lama ini. Lokakarya itu diikuti oleh para pegawai Pemkot Jogja. Ini menjadi langkah Disbud Kota Jogja untuk melestarikan keberadaan aksara Jawa.

Kepala Disbud Kota Jogja, Yetti Martanti mengatakan salah satu upaya yang bisa ditempuh adalah dengan menyematkan aksara Jawa pada papan nama jalan.

Advertisement

Menurut Yetti, aksara Jawa pada papan nama jalan bukan sekadar dekorasi. Tetapi juga berfungsi komunikasi, informasi, serta membantu navigasi dan identifikasi lokasi. Di sisi lain, ini turut membantu masyarakat untuk lebih mengenal tentang aksara Jawa.

"Penggunaan aksara Jawa pada papan penanda jalan dan papan penanda bangunan di berbagai lokasi strategis di Kota Jogja menjadi upaya untuk memberikan nuansa khas budaya yang kuat," ujar Yetti.

Yetti menambahkan, aksara Jawa menjadi bagian dari identitas budaya Yogyakarta. Di banyak titik lokasi Kota Jogja sejauh ini telah mencantumkan aksara Jawa sebagai pendamping aksara latin pada aplikasi Google Maps.

Ini menjadi cerminan kesadaran warga Kota Jogja akan pentingnya mempertahankan warisan budaya tradisional di tengah kemajuan teknologi digital.

BACA JUGA: Pemkot Yogya Komitmen Melestarikan dan Mengembangkan Aksara Jawa

Yetti menambahkan, penulisan aksara jawa secara digital dapat diakses dengan mengunduh font Nyk Ngayogyan di https://aksaradinusantara.com. "Font ini dapat digunakan melalui perangkat Windows 10 dengan Ms Office atau MS Word minimal versi 2019," ujar dia.

Kasi Bahasa dan Sastra Disbud Kota Jogja, Ismawati Retno menyebut sejauh ini pihaknya telah berupaya melestarikan dan mengembangkan aksara Jawa lewat berbagai kegiatan. Mulai dari pameran virtual manuskrip Serat Langen Wibawa, lomba penulisan manuskrip, lomba alih aksara, hingga pawiyatan aksara di tingkat kampung di Kota Jogja.

Isma menambahkan, Disbud Kota Jogja turut membuka ruang konsultasi penulisan aksara Jawa. Ditujukan bagi OPD dan masyarakat Kota Jogja yang membutuhkan. "Masyarakat dipersilakan datang ke Kantor Disbud Kota Jogja atau melalui pesan Whatsapp di nomor 082329673968. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Perayaan HUT RI di IKN, Garuda Indonesia Menyiapkan Penerbangan Tambahan

News
| Kamis, 04 Juli 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement