Advertisement

Pemda DIY Siapkan Depo Mandala Krida Jadi TPS3R

Yosef Leon
Rabu, 03 Juli 2024 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Pemda DIY Siapkan Depo Mandala Krida Jadi TPS3R Depo Sampah Mandala Krida ditutup, Minggu (21/4/2024) - Harian Jogja - Alfi Annissa Karin

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY memproyeksikan depo Mandala Krida yang berada di seberang Stadion Mandala Krida, Gondokusuman, Kota Jogja untuk menjadi TPS3R yang fokus mengolah sampah warga. 

Sekda DIY, Beny Suharsono mengatakan beberapa waktu lalu pihaknya sudah mencoba untuk mengosongkan timbunan sampah yang ada di depo Mandala Krida. Itu dilakukan juga sekaligus untuk mengukur kapasitas depo tersebut, sehingga ke depan bisa dijadikan tengah olah sampah. "Ini baru dibicarakan kalau ke depan dibangun pengolahan sampah yang tidak politan terhadap lingkungan memungkinkan tidak," kata Beny, Rabu (3/7/2024). 

Advertisement

Ke depan fokus penyelesaian masalah sampah, kata Beny, harus sampai pada upaya pengolahan untuk jangka pendek. Kebiasaan membuang sampah dari rumah tangga ke depo atau TPS tidak lagi memungkinkan dilakukan lantaran keterbatasan tempat dan lokasi pembuangan. "Namun tentunya alat pengolahan itu nantinya yang tidak menimbulkan masalah baru," jelasnya. 

Nantinya jika depo Mandala Krida dijadikan salah satu TPS3R masyarakat sekitar tentunya bakal direkrut untuk dijadikan pekerja. Ini sekaligus untuk mengakomodir tenaga kerja lokal atau petugas yang biasa membersihkan sampah di tempat itu. "Makanya ke depan pengolahan sampah itu harus berbasis kalurahan, aturannya kan demikian," katanya. 

Di sisi lain, Beny menyatakan jumlah 5.000 ton lebih timbunan sampah yang ada di Kota Jogja belum semuanya terangkut ke TPA Piyungan. Jumlah sampah yang sudah diangkut paling belum sampai setengahnya sebagai bentuk penanganan darurat. “Kemarin yang coba kami kosongkan kan baru depo Mandala Krida, tetapi yang depo lain kan belum,” ujarnya.

Dia menambahkan, jika depo sampah di Kota Jogja benar-benar dikosongkan pihaknya dapat memperhitungkan jangka waktu kapan depo-depo akan kembali penuh. Ditambah lagi pemerintah bisa merancang penanganan sampah di Kota Jogja menjadi beberapa fase. “Kami bisa berhitung kalau depo bisa terkunci betul seperti kemarin itu berapa hari, kalau ketemu berapa hari kami bisa menata akselerasi untuk mengolah sampah,” pungkas dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

IKN Rawan Banjir, BNPB: Sudah Ada Peta Risiko Bencana untuk 25 Tahun ke Depan

News
| Jum'at, 05 Juli 2024, 21:27 WIB

Advertisement

alt

Harga Tiket Masuk Museum Benteng Vredeburg dan Jam Buka

Wisata
| Sabtu, 29 Juni 2024, 16:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement