Advertisement

OPD Kulonprogo Dievaluasi, Penggabungan dan Pemisahan Dinas Segera Dilakukan

Triyo Handoko
Kamis, 11 Juli 2024 - 20:07 WIB
Arief Junianto
OPD Kulonprogo Dievaluasi, Penggabungan dan Pemisahan Dinas Segera Dilakukan Pemkab Kulonprogo - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Penataan organisasi perangkat daerah (OPD) sedang dilakukan Pemkab Kulonprogo. Hasil evaluasi kinerja seluruh dinas menunjukan perlunya penggabungan dan pemisahan sejumlah OPD.

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Organisasi Setda Kulonprogo, Siti Muqodimah menjelaskan pada Kamis (11/7/2024) bahwa penggabungan dan pemisahan OPD ini juga dilakukan karena penyesuaian kondisi dan perubahan peraturan yang ada. Tujuan penataan OPD ini untuk mengefektifkan kinerja dan layanan kepada masyarakat Bumi Binangun.

Tak hanya menggabung atau memisah OPD, jelas Siti, Pemkab Kulonprogo juga akan menaikan status satuan organisasi seperti pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah yang akan dikukuhkah sebagai lembaga yang setara dinas. "Proses penataan OPD ini juga dilakukan Pemkab Kulonprogo bersama DPRD yang hasil akhirnya nanti akan jadi Peraturan Daerah (Perda)," ungkapnya, Kamis siang.

Siti menerangkan OPD yang dipisah antara lain Dinas Perdagangan dan Industri dan Dinas Koperasi dan UKM, penggabungan yang dilakukan hanya dalam satu bidang saja. Rencananya urusan ini akan menjadi Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM. "Sedangkan urusan perdagangan akan diampu Dinas Perdagangan saja dengan dua bidang pokok yaitu, Bidang Usaha Perdagangan dan Bidang Sarana Perdagangan," jelasnya.

Selain itu penggabungan OPD juga dilakukan antara Badan RIset dan Inovasi Daerah kedalam Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah. Siti menerangkan keduanya nanti akan jadi Badan Perencanaan Pembangunan, RIset, dan Inovasi Daerah.

Proses penataan yang sedang berjalan ini, jelas Siti, paling banyak dilakukan dengan mengubah nomenklatur OPD dimana substansi kinerjanya masih sama. Seperti Badan Kepegawaian, Pendidikan, dan Pelatihan (BKPP) akan berubah jadi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.

Sementara itu Kepala BKPP Kulonprogo, Sudarmanto menyebut penataan OPD ini akan berdampak pada kepegawaiaan yang ada. "Kami akan sesuaikan nantinya, penataan pegawai tentu juga akan dilakukan jika penataan ini sudah ditetapkan dalam Perda," tuturnya.

Selama proses penataan dan evaluasi OPD ini, jelas Sudarmanto, BKPP Kulonprogo juga dilibatkan supaya sistem kepegawaian yang ada dapat mengikuti perubahan-perubahan yang terjadi. "Tujuan penataan ini untuk mengefektifkan kinerja, tentu perlu didukung dengan sistem kepegawaian yang memadai juga," terangnya. 

Advertisement

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement