Advertisement

Kurangi Ketergantungan Warga pada Kendaraan, Disdikpora Bantul Tiga Kali gelar Car Free Day di Depan Pasar Bantul

Jumali
Jum'at, 12 Juli 2024 - 16:57 WIB
Mediani Dyah Natalia
Kurangi Ketergantungan Warga pada Kendaraan, Disdikpora Bantul Tiga Kali gelar Car Free Day di Depan Pasar Bantul Ilustrasi car free day. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Bantul memastikan menggelar tiga kali car free day (CFD) pada 2024. Kegiatan yang dipusatkan di depan Pasar Bantul tersebut, bertujuan mengurangi ketergantungan masyarakat pada penggunaan kendaraan bermotor dan mengurangi tingkat polusi udara.

"Selain itu untuk meningkatkan aktivitas fisik masyarakat dengan kegiatan olahraga dan jalan kaki," kata Sekretaris Disdikpora Bantul, Titik Sunarti Widyaningsih, Jumat (12/7/2024).

Advertisement

Baca Juga: Car Free Day di Bantul Tidak Lagi Setiap Minggu

Lebih lanjut mantan guru madya SMPN 1 Pandak tersebut menambahkan, CFD yang digelar tiga kali pada 2024 tersebut di antaranya digelar pada Minggu (14/7/2024), Minggu (11/8/2024) dan Minggu (15/9/2024). Semua kegiatan dipusatkan di depan Pasar Bantul.

"Oleh karena itu, sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Bantul akan ditutup pada pukul 06.00 WIB sampai 09.00 WIB," katanya.

Menurut Titik, CFD tidak hanya diisi engan kegiatan senam massal, akan tetapi juga pelayanan publik, kuliner dan kegiatan lainnya. Kegiatan di zona perdagangan akan diisi oleh UMKM, dan kegiatan di zona pelayanan publik akan diisi pelayanan SIM oleh Polsek Bantul dan Adminduk oleh Disdukcapil.

Baca Juga: DPRD Bantul Ingin Car Free Day Kembali Digelar

"Karena kegiatan CFD ini adalah kolaborasi kegiatan antar OPD yang dikoordinasikan oleh jawatan kami dengan melibatkan Dinas Koperasi dan KUKM, Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil, Kantor Pengelola Pasar Bantul, Kodim, Polsek Bantul dan Polres Bantul," ungkap Titik.

Rekayasa Lalu Lintas

Terpisah, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Bantul Sri Harsono mengatakan telah berkoordinasi dengan Disdikpora Bantul terkait pengaturan lalu lintas selama pelaksanaan CFD. Ada 10 petugas dari Dishub yang berjaga dan melakukan rekayasa lalu lintas selama pelaksanaan CFD.

Baca Juga: Sleman Jadwalkan Car Free Day 20 Kali Selama 2024

"Jadi nanti arus lalu lintas dari utara saat memasuki perempatan Klodran nanti akan diarahkan ke barat dan timur. Sedangkan kendaraan yang berasal dari selatan, saat memasuki perempatan paseban, nanti akan diarahkan ke barat dan timur," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 13 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Tertinggi se Asean, Bos AirAsia: 28 Persen Lebih Mahal dari Malaysia

News
| Minggu, 08 September 2024, 10:17 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement