Advertisement

Pelajar Diedukasi Manfaat Tekstil, Termasuk untuk Keperluan Medis

Newswire
Selasa, 16 Juli 2024 - 05:27 WIB
Sunartono
Pelajar Diedukasi Manfaat Tekstil, Termasuk untuk Keperluan Medis Kompetisi esai bertajuk Tekstil untuk Dunia yang Lebih Baik: Inovasi, Aplikasi, dan Dampak Sosial diikuti pelajar SMA/SMK. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Tekstil terbukti tidak sekadar untuk kebutuhan fesyen sehari-hari. Ragam manfaat tekstil juga bisa untuk mendukung aktivitas medis. Sosialisasi ragam manfaat tekstil ini diberikan kepada para pelajar melalui kompetisi esai bertajuk Tekstil untuk Dunia yang Lebih Baik: Inovasi, Aplikasi, dan Dampak Sosial yang digelar Program Studi Rekayasa Tekstil, Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia (FTI UII).

Kompetisi yang digelar 20 Mei hingga 20 Juni 2024 terhimpun sebanyak 190 karya dari pelajar SMA/SMK dari berbagai daerah di Indonesia. Setelah diseleksi ada 165 orang yang lolos administrasi dan terseleksi menjadi 10 finalis dan ditetapkan tiga terbaik serta satu peserta terfavorit.

Advertisement

BACA JUGA : 7 Pabrik Tekstil PHK Massal, 6.500 Karyawan Dirumahkan

"Banyak manfaat yang didapatkan siswa diharapkan dapat memperdalam pemahaman tentang pentingnya inovasi dan keberlanjutan dalam rekayasa tekstil. Kemudian mengenal aplikasi tekstil dalam berbagai bidang seperti medis, keberlanjutan dan teknologi interaktif. Karena memang tekstil ini banyak ragamnya, manfaatnya tidak hanya untuk pakaian sehari-hari tetapi juga bisa mendukung aktivitas medis," kata Ketua Panitia Febrianti Nurul Hidayah, Senin (15/7/2024).

Adapun peserta terbaik dalam kompetisi ini terdiri atas, Juara IMuhammad Sofwan Amir dari SMA Islam Diponegoro Surakarta dengan judul esai, Biomoms AI: Pakaian Kesehatan Cerdas Terintegrasi Aplikasi Berbasis Artificial Intelligence untuk Pemantauan dan Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil.

Juara II diraih Ibnu Shina dari SMAN 1 Trenggalek, Jawa Timur bertajuk Sistem Pengolahan Limbah Pewarna Tekstil dengan Kombinasi Metode Elektrokoagulasi dan Ozonasi Berbasis IOT Guna Menjadikan Dunia Lebih Baik. Serta Juara III diperoleh Dinda Daris Fara dari SMAN 1 Wonosobo, Jawa Tengah dengan judul Plester Nano Kunyit : Solusi Inovatif Guna Mengurangi Risiko Infeksi pada Kulit di Lingkungan Lembab.

BACA JUGA : Ikuti Industrial Vocational Fair, SMK SMTI Yogyakarta Pamerkan Karya dan MoU dengan Mitra Industri

"Karya para siswa ini sangat menarik, merek sudah mulai memahami manfaat tekstil terbukti dengan esai yang dituliskan terkait manfaat tekstil untuk medis," ujar Agus Taufiq, Ketua Program Studi Rekayasa Tekstil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,1 Guncang Papua

News
| Selasa, 17 September 2024, 02:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement