Advertisement

Tingkatkan Kualitas SDM, Disdikpora DIY Gelontorkan Miliaran Rupiah Beasiswa

Media Digital
Kamis, 18 Juli 2024 - 22:57 WIB
Arief Junianto
Tingkatkan Kualitas SDM, Disdikpora DIY Gelontorkan Miliaran Rupiah Beasiswa Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bantul menggelar sosialisasi beasiswa menengah tahun 2024 di Pendopo Darjowiyatnan Pepe, Trirenggo, Bantul pada Kamis (18/7/2024). - Stefani Yulindriani

Advertisement

BANTUL—Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menggelar sosialisasi beasiswa menengah 2024 di Pendopo Darjowiyatnan, Trirenggo, Bantul, pada Kamis (18/7/2024).

Staf Seksi SMA Bidang Pendidikan Menengah Disdikpora DIY, Haryoko menyampaikan sosialiasi beasiswa tersebut sudah berlangsung sejak 2023. Tahun ini, sosialiasi beasiswa akan diselenggarakan 15 kali, sama seperti tahun lalu. “Tujuan pemberian beasiswa ini untuk mengadvokasi siswa yang berasal dari keluarga yang kurang mampu, rentan miskin, dan miskin, untuk menjamin keberlangsungan pendidikan siswa tersebut,” katanya.

Advertisement

Selain itu, melalui sosialiasi tersebut, Disdikpora DIY juga berupaya mendorong angka partisipasi sekolah di jenjang sekolah menengah.

Dia berharap agar siswa dalam usia sekolah tetap menempuh pendidikan di sekolah. “Dengan memberikan bantuan ini kami berharap jangan sampai ada [siswa] yang putus sekolah,” katanya.

Dia menuturkan pada 2024 Disdikpora DIY mengalokasikan anggaran untuk beasiswa pendidikan sekolah menengah mencapai Rp24,7 miliar.

Alokasi anggaran tersebut terbagi menjadi beberapa jenis beasiswa yaitu Beasiswa Kartu Cerdas, Jaminan Kelangsungan Pendidikan, Beasiswa Retrieval, dan pemberian peralatan sekolah. Beasiswa Kartu Cerdas dialokasikan dengan sasaran siswa yang berasal dari keluarga yang tidak mampu dan rentan miskin yang masih aktif di SMA/ SMK.

Alokasi anggaran untuk beasiswa tersebut Rp21,3 miliar. Kemudian, ada Jaminan Kelangsungan Pendidikan yang menyasar siswa yang lulus SMA/SMK yang ijazahnya masih tertahan di sekolah. Alokasi anggaran untuk beasiswa tersebut mencapai Rp2,4 miliar. “Pemda memberikan bantuan untuk mengambil ijazah agar ijazah dapat dipakai untuk mencari pekerjaan atau melanjutkan pendidikan,” katanya.

Selain itu, ada pula Beasiswa Retrieval yang menyasar siswa putus sekolah. Beasiswa tersebut sebagai upaya menarik kembali siswa yang putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikan. Alokasi anggaran untuk beasiswa tersebut mencapai Rp600 juta.

“Siswa putus sekolah tidak harus sekolah di SMA/ SMK tetapi bisa kejar paket di PKBM [Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat],” katanya.

Kemudian ada pula beasiswa dalam bentuk pemberian peralatan sekolah kepada siswa yang berasal dari keluarga yang tidak mampu. Anggaran untuk beasiswa tersebut mencapai Rp 399,5 juta. Dia menuturkan siswa yang membutuhkan beasiswa tersebut dapat mengajukan permohonan melalui sekolah.

“Karena kami sudah menyosialisasikan melalui sekolah, nanti siswa [yang membutuhkan beasiswa] dapat menghubungi sekolah, nanti sekolah akan mengajukan secara kolektif ke Disdikpora,” katanya.

Sementara, anggota DPRD DIY, Umaruddin Masdar menyampaikan Pemda DIY memiliki beberapa beasiswa pendidikan yang berasal dari APBD reguler dan Dana Keistimewaan (Danais). “Kami ingin menyampaikan kepada masyarakat agar mereka bisa mengakses beasiswa tersebut untuk meningkatkan kualitas SDM di DIY,” katanya.

Selain beasiswa pendidikan menengah, menurut dia, ada pula beasiswa bagi siswa di perguruan tinggi yang kurang mampu. “Kami ingin status DIY sebagai kota pelajar benarbenar dinikmati oleh warga DIY. Kami ingin lebih banyak warga DIY yang berkuliah dengan ditunjang beasiswa yang disiapkan Pemda DIY,” katanya.

Dengan begitu, dia berharap DIY memiliki SDM yang unggul yang mampu menunjang pembangunan daerah. Sementara, warga Bantul, Asmaryatun, berharap sosialiasi beasiswa tersebut dapat diselenggarakan terus. “Ini baik [sosialiasi beasiswa], kami jadi tahu ada beasiswa untuk anak SMA dan SMK,” ujarnya. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement