Advertisement

Jamin Keamanan Produk UMKM, Pemkab Sleman Jalin Kerja Sama dengan BPOM DIY

David Kurniawan
Selasa, 23 Juli 2024 - 21:17 WIB
Sunartono
Jamin Keamanan Produk UMKM, Pemkab Sleman Jalin Kerja Sama dengan BPOM DIY Petugas BBPOM DIY menguji mi. - Harian Jogja/Ujang Hasanudin

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pemkab Sleman menjalin Kerja sama dengan Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) DIY. Diharapkan dengan kerja sama ini, upaya pejaminan mutu keamanan terhadap produk UMKM di Bumi Sembada bisa diwujudkan.

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengatakan, kesepakatan bersama dengan BPOM DIY sudah ditandatangani pada Senin (22/7/2024). Hal ini sebagai bentuk komitmen dari pemkab untuk melindungi Kesehatan Masyarakat serta peningkatan daya saing bagi UMKM dikarenakan produk yang dihasilkan lebih terjamin keamananya.

Advertisement

BACA JUGA : Respons BPOM DIY Soal Roti Aoka yang Beredar Luas di Pasaran

“Tentunya kami berharap kesepakatan yang dijalin dapat mejamin keamanan konsumsi obat dan makanan. Mudah-mudahan ini juga berdampak positif terhadap pertumbuhan dan daya saing UMKM di Sleman,” kata Kustini, Selasa (23/7/2024).

Salah satu bentuk kerja sama ini, Pemkab Sleman akan menyediakan layanan konsultasi dan pendampingan terhadap pengawasan obat dan makanan di Mal Pelayanan Publik. Diharapkan keberadaan layanan bisa dimanfaatkan pelaku usaha dalam rangka peningkatan kualitas maupun mutu dari produk yang dihasilkan.

“Ini untuk memudahkan UMKM Sleman yang memiliki nilai tinggi sehingga dapat berdaya saing di tingkat global. Kalau ini dapat diwujudkan maka kesejahteraan Masyarakat bisa semakin nyata,” katanya.

Kustini juga berharap dengan kerja sama, maka produk obat, kosmetik maupun makanan di Sleman bisa dipastikan keamanannya. “Pendampingan dari BPOM dibutuhkan untuk mewujudkan keamanan ini,” katanya.

Kepala BPOM DIY, Bagus Heri Pramono mengatakan, pihaknya berkomitmen membantu pengembangan UMKM di Sleman. hal ini dibuktikan dengan adanya kerja sama dengan Pemkab Sleman.

“Sesuai dengan tugas pokok dan fungsi yang dimiliki, kami tidak hanya melakukan pengawasan terhadap obat dan makanan, tapi juga memberikan pendampingan sehingga produk dihasilkan benar-benar aman,” katanya.

Ia juga berharap dengan adanya kerja sama dapat meningkatkan sinergitas muapun koordinasi, khususnya dalam upaya penjaminan produk obat-obatan dan makanan di Sleman. “Tentunya untuk mewujudkannya upaya sosialisasi ke pelaku usaha akan terus digalakkan,” kata Bagus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peneliti Umumkan Penemuan Virus Baru di China Sebabkan Sakit Syaraf Menular lewat Kutu

News
| Sabtu, 07 September 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Kulineran di Jogja, Jangan Lupa Mampir ke Kedai Burger Lokal

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement