Advertisement

DPC PKB Gunungkidul Ogah Ngemis ke Petahana, Pilih Menunggu Disowani

Andreas Yuda Pramono
Rabu, 24 Juli 2024 - 16:37 WIB
Ujang Hasanudin
DPC PKB Gunungkidul Ogah Ngemis ke Petahana, Pilih Menunggu Disowani PKB. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Gunungkidul menegaskan tidak ingin meminta-minta ke petahana, Sunaryanta untuk ikut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 lewat PKB.

Ketua DPC PKB Gunungkidul, Sutiyo mengatakan pihaknya tidak lagi melakukan lobi politik ke partai politik (parpol) lain. Sebaliknya, DPC PKB justru dilobi oleh parpol lain seperti DPC PDIP dan DPC Gerindra.

Advertisement

Hanya, DPC PKB masih belum menentukan pilihan baik calon kepala daerah yang akan diusung maupun mitra koalisi. Setidaknya, ada tiga pilihan calon bupati yang akan mendapat dukung PKB yaitu Sutrisna Wibawa, Endah Subekti Kuntariningsih, dan Sunaryanta.

Sunaryanta merupakan Bupati Gunungkidul terpilih yang mana pada Pilkada 2020 diusung DPC PKB dan DPD Golkar Gunungkidul. Meski begitu, hingga saat ini, Sunaryanta justru belum mendapat kendaraan politik sama sekali.

Disinggung ihwal kemungkinan mengusung Sunaryanta lagi, Sutiyo menegaskan Purnawirawan TNI AD tersebut perlu datang ke DPC PKB dan mengutarakan keinginannya. DPC PKB tidak ingin meminta-minta kepada Sunaryanta.

“Kalau sana [Sunaryanta] mau diusung ya biar silaturahmi ke kami. Bukan kami yang minta-minta silaturahmi ke calon. Masih banyak juga calon yang mau silaturahmi ke kami. Saya tidak mau istilahnya nawakke [menawarkan-menawarkan] begitu. Kalau ada calon yang butuh ya silakan silaturahmi ke PKB,” kata Sutiyo dihubungi, Rabu, (24/7).

BACA JUGA: Belum Juga Temukan Partai Pengusung, Sunaryanta: Kalau Tidak Ada, ya Gak Ikut Pilkada

Sutiyo juga mengaku tidak khawatir terlambat dalam proses pencalonan Pilkada 2024. DPP PKB, kata dia juga akan memberi persetujuan mengenai calon kepala daerah pilihan DPC. Tiga nama calon bupati yang dia sebutkan telah diterima DPP PKB.

“Tinggal kami menentukan saja apakah Mayor Sunaryanta, Profesor Sutrisna Wibawas, atau Endah. Gitu saja sudah jadi kok. Tidak sampai sehari menentukan seperti itu,” katanya.

Ketua DPD PKS Gunungkidul, Tri Iwan Isbumaryani mengaku sikap politik PKS masih sama dengan parpol lain kecuali DPC Gerindra yang telah mendapat surat rekomendasi. Kata dia, pihaknya masih mencermati dan menunggu, serta menimbang dan mengkalkulasi kekuatan politik.

Ihwal pertemuan dengan DPC PDIP, Tri Iwan mengatakan belum menindaklanjutinya. Belum ada keputusan apapun. Dengan begitu, saat ini, DPD PKS masih setia bersama DPD Nasdem dan DPC Gerindra mengusung Sutrisna Wibawa dan Sumanto.

Dia menambahkan pihaknya juga sering berkomunikasi dengan DPC PKB. Namun, hal ini lantaran adanya kedekatan antara Sutiyo dan Tri Iwan Isbumaryani. Berbeda dengan DPC PKB, DPD PKS justru tidak pernah berkomunikasi dengan DPD Golkar.

“Kalau diminta mengajukan calon kepala daerah sendiri, kami juga sudah siap. Kami ada penjaringan dan penyaringan juga. Kalau stok calon  berapa ya banyak dari kader partai,” kata Iwan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peneliti Umumkan Penemuan Virus Baru di China Sebabkan Sakit Syaraf Menular lewat Kutu

News
| Sabtu, 07 September 2024, 15:17 WIB

Advertisement

alt

Kulineran di Jogja, Jangan Lupa Mampir ke Kedai Burger Lokal

Wisata
| Senin, 02 September 2024, 11:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement