Advertisement

Belum Juga Temukan Partai Pengusung, Sunaryanta: Kalau Tidak Ada, ya Gak Ikut Pilkada

Andreas Yuda Pramono
Selasa, 23 Juli 2024 - 16:07 WIB
Arief Junianto
Belum Juga Temukan Partai Pengusung, Sunaryanta: Kalau Tidak Ada, ya Gak Ikut Pilkada Bupati Gunungkidul Sunaryanta - ist - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Di tengah riuhnya gaung kontestasi Pilkada Gunungkidul, Bupati Gunungkidul, Sunaryanta justru masih saja menunggu kepastian partai politik pengusung sebagai kendaraannya dalam Pesta Demokrasi 2024 tersebut.

“Saya belum masuk di partai sebagai kader. Jadi kalau partai mau mengusung saya, saya jalan. Kalau tidak ya saya tidak jalan [tidak ikut kontestasi Pilkada 2024],” kata Sunaryanta ditemui di Padukuhan Duwet, Duwet, Selasa, (23/7/2024).

Advertisement

Disinggung apakah akan memutuskan menjadi kader salah satu partai, Sunaryanta mengaku belum dapat memutuskan. Dengan lepas dari status kader, Purnawirawan TNI AD ini dapat dengan leluasa menjalin komunikasi dengan berbagai parpol.

Sunaryanta juga menanggapi perihal manuver DPC PDIP yang mendekati parpol pengusungnya pada Pilkada 2020 seperti PKB. Menurut dia, parpol memiliki hak untuk menjalin komunikasi. Tidak ada yang khusus.

Ketua DPC PKB Gunungkidul, Sutiyo mengaku posisi PKB masih dinamis menjelang Pilkada 2024. PKB membuka kemungkinan untuk semua calon yang ingin maju Pilkada Gunungkidul melalui PKB. “Baik Mbak Endah Subekti Kuntariningsih, Sunaryanta, maupun Sutrisna Wibawa masih penjajakan,” kata Sutiyo.

Sutrisna Wibawa masuk dalan radar penjajakan DPC PKB karena Mantan Rektor UNY tersebut sempat mendaftar sebagai bakal calon kepala daerah lewat PKB. Dia juga sempat bertemu dengan DPP PKB.

Sutiyo menegaskan PKB juga masih solid untuk menjalin koalisi dengan Golkar. Khusus dengan DPC PDIP, DPC PKB akan bertemu lagi untuk berunding perihal bakal calon wakil bupati.

BACA JUGA: Pilkada Gunungkidul, PDIP Tarik PKS Masuk Koalisi

Ketua DPC PDIP Gunungkidul, Endah Subekti Kuntariningsih mengatakan pihaknya mencoba membangun kerja sama politik untuk Pilkada 2024.

“DPC PDIP dan PKB punya kesamaan visi-misi atau frekwensi. Kami punya sisi sejarah yang sama. Pada 1999, Fraksi PDIP dan PKB berkoalisi untuk memenangkan Pak Yoetikno dan Subechi,” kata Endah.

Dia berharap sejarah dapat terulang dalam Pilkada 2024. DPC PDIP akan mengikuti syarat PKB agar kerja sama politik atau koalisi dapat terjalin resmi. “Kalau DPC PKB membawa wakilnya, maka kami tidak perlu mendaftar. Kami mengikuti arahan Ketua DPC PKB dan jajarannya,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Badan Geologi Ingatkan Pemda Beri Perhatian Kawasan Rawan Bencana

News
| Sabtu, 07 September 2024, 23:27 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement