Advertisement

Jelang Hari Anak Nasional 2024, Sekolah Sungai Siluk Mitra Binaan TJSL PLN Luluskan 37 Siswa Sekolah Paket C

Media Digital
Kamis, 25 Juli 2024 - 09:02 WIB
Sunartono
Jelang Hari Anak Nasional 2024, Sekolah Sungai Siluk Mitra Binaan TJSL PLN Luluskan 37 Siswa Sekolah Paket C Menjelang Peringatan Hari Anak Nasional 2024 yang jatuh setiap tanggal 23 Juli, Sekolah Sungai Siluk sebagai mitra binaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN UP3 Yogyakarta berhasil meluluskan 37 siswa Program Sekolah Kejar Paket C. - Istimewa.

Advertisement

BANTUL—Menjelang Peringatan Hari Anak Nasional 2024 yang jatuh setiap tanggal 23 Juli, Sekolah Sungai Siluk sebagai mitra binaan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) PLN UP3 Yogyakarta berhasil meluluskan 37 siswa Program Sekolah Kejar Paket C. Acara wisuda purna siswa diselenggarakan di Pendopo Sekolah Sungai Siluk, Selopamioro Bantul pada Jumat (18/7/2024) dan dihadiri oleh para siswa, orang tua, tenaga pengajar, serta manajemen PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Yogyakarta.

Pundhi Nugrohojati, Manager PLN UP3 Yogyakarta, menyampaikan apresiasinya atas pencapaian yang dilakukan Sekolah Sungai Siluk di tahun pertama penyelenggaraan Sekolah Kejar Paket C. Pundhi menuturkan, kerjasama Sekolah Sungai Siluk dengan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tegal Selo tersebut menjadi bukti keseriusan PLN dalam membina komunitas agar bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Advertisement

"Sekolah Sungai Siluk merupakan salah satu mitra binaan TJSL PLN yang telah menunjukkan dedikasi dan komitmen tinggi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah Yogyakarta. Kami sangat bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh para siswa ini. Semoga keberhasilan mereka dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang dan mendorong semangat belajar yang lebih tinggi di masyarakat," ujar Pundhi Nugrohojati.

Sejak didirikan pada 2017, Sekolah Sungai Siluk memberikan berbagai bentuk pelatihan non formal, baik bagi anak-anak maupun dewasa. Dan sejak 2024, Sekolah Sungai Siluk membuka kesempatan bagi masyarakat untuk mendapatkan pendidikan formal. Melalui program Sekolah Kejar Paket C, siswa-siswa tersebut dapat memperoleh pendidikan setara dengan jenjang SMA dan mendapatkan ijazah yang diakui secara resmi.

Ifan Dian Pratama, salah satu siswa yang diwisuda siang itu mengungkapkan rasa bahagianya setelah dinyatakan lulus pada Program Kejar Paket C. Pria yang kesehariannya bekerja di sebuah usaha mebel itu berharap dengan ijazah yang ia dapatkan, kedepan ia bisa mendapatkan pekerjaan yang ia inginkan.

"Senang sekali bisa mendapatkan ijazah setara SMA, semoga setelah mendapatkan ijazah ini saya bisa mendapat pekerjaan yang lebih baik", ungkap Ifan.

Tak berbeda dengan Ifan, Musrifah siswa asal Nawungan 1 Selopawioro juga mengaku senang mendapatkan ijazah setara SMA. Ia mengatakan bahwa pencapaian ini adalah cita-citanya yang tertunda karena alasan ekonomi.

"Alhamdulillah senang dan bermanfaat sekali selama 3 tahun. Terima kasih kepada bapak ibu pembimbing yang selama 3 tahun membimbing. Dengan ijazah ini tentu sangat bermanfaat sekali, karena bisa untuk daftar pekerjaan yang lebih baik, kami ucapkan terimakasih kepada Sekolah Sungai Siluk dan PKBM Tegal Selo", ungkapnya.

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jawa Tengah dan D.I.Yogyakarta, Mochamad Soffin Hadi mengungkapkan, peran PLN dalam sebagai BUMN tidak hanya fokus pada kegiatan bisnis semata namun berkomitmen untuk memberikan dampak positif pada kehidupan masyarakat. Untuk itu, PLN melaksanakan program TJSL yang menyentuh langsung aspek kehidupan masyarakat salah satunya dalam bidang pendidikan.

“PLN tidak hanya menghadirkan listrik andal, namun juga berkomitmen hadir untuk masyarakat dan lingkungan sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau ¬_Sustainable Development Goals (SDG’s)_ termasuk di bidang pendidikan. Secara khusus, komitmen ini terwujud melalui momentum acara wisuda kelulusan 37 siswa Program Sekolah Kejar Paket C yang digelar menjelang Hari Anak Nasional 2024” ungkap Soffin.

Kepala Sekolah PKBM Tegal Selo, Danang Kumara Jati mengungkapkan rasa bahagianya berhasil kembali menggelar wisuda purna siswa PKBM Tegal Selo. Dan tahun ini wisuda lebih meriah karena diselenggarakan di Sekolah Sungai SIluk, dan didukung langsung oleh PLN UP3 Yogyakarta.

"Kami selaku pengurus PKBM Tegal Selo menyampaikan ucapan terimakasih kepada PLN UP3 Yogyakarta yang telah memberikan support dan fasilitas kepada kami. Semoga keberlanjutan program dari PKBM Tegal Selo semakin bertambah baik kedepannya, memberikan kebermanfaatan bagi masyarakat yang luas. Terima Kasih PLN," kata Danang Kumara Jati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement