Advertisement

KPU Bantul Dorong Partisipasi Pemilih Disabilitas di Pilkada 2024 dengan Berbagai Pendekatan

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 26 Juli 2024 - 13:37 WIB
Ujang Hasanudin
KPU Bantul Dorong Partisipasi Pemilih Disabilitas di Pilkada 2024 dengan Berbagai Pendekatan Pilkada 2024 - Ilustrasi - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul mendorong partisipasi pemilih disabilitas dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang. KPU Bantul berupaya melakukan berbagai pendekatan untuk tingkatkan partisipasi pemilih disabilitas.

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Bantul, Wuri Rahmawati menyampaikan hingga saat ini proses pencocokan dan penelitian (Coklit) Pilkada 2024 telah rampung. Meski begitu, masih ada rapat pleno yang akan menetapkan daftar pemilih hasil pemutakhiran yang akan dilakukan awal Agustus 2024. Karena itu, menurut Wuri, pihaknya belum dapat memetakan jumlah pemilih disabilitas pada Pilkada tahun ini.

Advertisement

Meski begitu menurut Wuri, pihaknya terus berupaya meningkatkan partisipasi pemilih disabilitas saat Pilkada 2024 melalui berbagai pendekatan.

Dia menyampaikan pihaknya telah melakukan sosialisasi pendidikan pemilih sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi ke penyandang disabilitas melalui komunitas di tingkat kabupaten, kapanewon maupun kalurahan. Dia menuturkan KPU Bantul dalam sosialisasi pendidikan pemilih telah menghadirkan interpreter, sehingga penyandang disabilitas dapat mengakses seluruh informasi yang disajikan dalam sosialiasi tersebut.

Selain itu, menurutnya sosialiasi pendidikan pemilih juga dilakukan melalui sosial media KPU Bantul.

"Kami mengupayakan produksi konten di media sosial yang aksesibilitas bagi difabel, khusunya tuli," ujarnya, Jumat (26/7/2024).

BACA JUGA: Potensi Kerawanan TPS untuk Pilkada Bantul 2024 Mulai Dipetakan

Dia menuturkan konten audio visual terkait pendidikan pemilih disajikan dengan menyertakan subtitle, sehingga diharapkan penyandang disabilitas tuli dapat mengaksesnya.

"Kami mendorong difabel telah terdaftar sebagai pemilih [Pilkada]. Selain itu, KPU Bantul juga mendorong agar mereka telah terdata sesuai ragam disabilitasnya saat proses coklit," ujarnya.

Dia pun memastikan seluruh pemilih disabilitas akan diakomodir agar dapat memilih saat Pilkada. Mereka akan difasilitasi alat bantu agar tetap dapat memberikan hak pilihnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Rekomendasi Roti Sisir Enak di Jogja

Jogjapolitan | 9 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan dan Tim Meninjau Keberlanjutan Pembangunan IKN

News
| Minggu, 08 September 2024, 06:17 WIB

Advertisement

alt

Resor Ski Indoor Terbesar di Dunia di Shanghai China, Berukuran 350 Ribu Meter Persegi

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement