Advertisement

Dua Kalurahan di Sleman Belum Mencairkan Dana Desa Tahap 2, Ini Penyebabnya

David Kurniawan
Senin, 05 Agustus 2024 - 13:07 WIB
Abdul Hamied Razak
Dua Kalurahan di Sleman Belum Mencairkan Dana Desa Tahap 2, Ini Penyebabnya Ilustrasi - JIBI/Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Sleman memastikan tinggal dua kalurahan yang belum mencairkan dana desa tahap kedua. Dua kalurahan tersebut masing-masing Trihanggo Kapanewon Gamping dan Wukirharjo Kapanewon Prambanan.

Sub Koordinasi Keuangan Kalurahan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Sleman, Ratnaningsih mengatakan kedua kalurahan tersebut masing-masing Trihanggo Kapanewon Gamping dan Wukirharjo Kapanewon Prambanan.

Advertisement

BACA JUGA: Rp166,8 Miliar Dana Desa di Gunungkidul Telah Tersalurkan

Dia berharap sebelum pertengahan Agustus ini, dua kalurahan tersebut sudah mencairan kekurangan dana desa yang dialokasikan di tahun ini. "Proses pencairan dana desa di tahun ini hampir selesai. Dari 86 kalurahan di Sleman tinggal menyisakan Kalurahan Trihanggo dan Wukirharjo yang belum mencairkan dana desa tahap kedua," katanya, Senin (5/8/2024).

“Untuk 84 kalurahan lainnya sudah mencairkan dana desa yang telah dialokasikan oleh Pemerintah Pusat,” tambah Ratna.

Dia menjelaskan, pencairan dana desa di tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Pasalnya, pencairan ke kalurahan hanya dilaksanakan dua kali.

“Tahun lalu masih ada yang pencairnnya dilaksankaan tiga kali, tapi kalau sekarang semua hanya disalurkan sebanyak dua kali,” katanya.

Meski demikian, ia mengakui porsi pencairan ada perbedaan. Untuk kalurahan berstatus desa mandiri prosentase pencairan 60% di termin pertama dan sisanya disalurkan di termin kedua sebesar 40%.

Sedangkan untuk kalurahan yang berstatus desa maju pencairan 40% di termin pertama. Adpaun termin kedua dicairkan sebesar 60%. “Untuk desa mandiri di Sleman ada 62 kalurahan dan status desa maju ada 24 kalurahan,” katanya.

Ratna menambahkan, total pagu dana desa yang bersumber dari Pemerintah Pusat sebesar Rp123,08 miliar. Jumlah itu mengalami kenaikan dibandingkan penyaluran di tahun lalu sebesar Rp121,7 miliar.

“Ada indikator dalam penetapa pagu di setiap kalurahan.  Tapi, kalau dirata-rata untuk tahun ini masing-masing kalurahan di Sleman memeroleh dana desa di kisaran Rp1,4 miliar,” katanya.

Disinggung mengenai belum cairnya dana desa di Kalurahan Trihanggo dan Wukirharjo, ia mengaku terus mendorong agar bisa segera menyelesaikan syarat untuk pencairan. “Akan terus kita dampingi dan mudah-mudahan 15 Agustus sudah bisa mencairkan semua,” katanya.

BACA JUGA: Tahun Ini Dana Desa Bertambah Rp1 Miliar, Pencairan di Gunungkidul Mulai Februari

Menurut dia, dua kalurahan belum bisa mencairkan karena belum bisa memenuhi persyaratan. Pasalnya, untuk pencairan termin kedua diharuskan penyerapan dana desa tahap kesatu minimal 60%.

“Kedua kalurahan belum memenuhinya,” kata Ratna.

Terpisah, Lurah Wukirharjo, Prambanan, Turaji saat dikonfirmasi membenarkan pihaknya belum bisa mencairkan dana desa termin kedua. Hal ini dikarenakan belum bisa memenuhi persyaratan penyerapan anggaran minimal 60% dana desa termin pertama.

“Masih proses dan harapannya bisa dicairkan bulan ini,” katanya.

Untuk mempercepat pencairan tahap kedua, Turaji mengaku sudah menginstruksikan ke pelaksana kegiatan agar segera memenuhi syarat miniml realisasi program 60%. “Terus kita dorong segera mengerjakan program sesuai syarat agar dana desa termin kedua bisa dicairkan,” katanya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement