Advertisement

Jatimulyo Dlingo Kembangkan Potensi Wisata Alam

Ujang Hasanudin
Selasa, 06 Agustus 2024 - 13:17 WIB
Ujang Hasanudin
Jatimulyo Dlingo Kembangkan Potensi Wisata Alam Warga sedang membangun kawasan wisata di pinggir Sungai Oyo, Banyuurip, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. - Ist

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Kalurahan Jatimulyo, Kapanewon Dlingo, Kabupaten Bantul, tengah mengembangkan potensi wisata alam di kalurahan setempat untuk menarik kunjungan wsiatawan. 

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jatimulyo, Nanang Sutrisna menyebut Kalurahan Jatimulyo memiliki sejumlah potensi yang sangat potensial untuk dikembangkan. Destinasi ini menawarkan berbagai potensi wisata yang menarik seperti wisata air perahu karet dan ban, wisata edukasi kelapa kopyor hingga wisata religi dan sejarah napak tilas petilasan Ki Cokro Joyo.

Advertisement

“Jatimulyo memiliki kekayaan kesenian,produk desa, serta wisata alam seperti Randusari dan Kali Oyo. Kami juga memiliki wisata edukasi kelapa kopyor. Harapannya dapat mengedukasi warga Jatimulyo mempunyai produk kelapa kopyor unggulan desa preneur, kemudian wisata religi napak tilas Ki Cokro Joyo peninggalan sejarah ini nantinya akan dikembangkan menjadi paket wisata,” terang Nanang dikutip dari laman resmi Pemkab Bantul, Selasa (6/8/2024).

Ke depan, kata Nanang, pihaknya akan melakukan sinergitas dengan adanya desa budaya, desa preneur dan desa prima di Kalurahan Jatimulyo yang akan dikembangkan sebagai paket wisata.

“Jatimulyo mempunyai daya tarik itu yang bisa menarik wisatawan, jadi tidak hanya to see saja, tapi to do dan akhirnya to buy,” ungkap Nanang.

BACA JUGA: Kunjungan Sandiaga ke Ekowisata Sungai Mudal Binaan PLN, Tandai Desa Jatimulyo Masuk 50 Desa Wisata Terbaik

Pada saatnya grand opening nanti menurut Nanang, akan dilakukan test tourism dengan mengajak wisatawan untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata dan didalamnya akan dikemas beberapa kegiatan menjadi suatu acara.

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo menyambut baik kehadiran destinasi wisata baru di Jatimulyo ini. Ia optimis dengan kekayaan alam yang dimiliki oleh Jatimulyo ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Potensi alam disini sangat bagus, Pemkab bersama kalurahan dan kapanewon berkeinginan kedepan tempat wisata ini harus populer karena alamnya bagus, ada peninggalan sejarah dan didukung komunitas seni budaya di Jatimulyo,” tutur Joko.

Dalam perencanaan kedepan, Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul juga telah menyusun masterplan yang melibatkan sinergi antara wisata Watu Lumpang, Banyuurip dan Kali Oyo. Pemkab Bantul bersama masyarakat berkomitmen untuk memaksimalkan potensi yang ada dan memastikan potensi wisata Jatimulyo ini dapat memberikan manfaat optimal bagi masyarakat sekitar.

“Saya optimis karena ini alamnya bagus dan didukung oleh potensi masyarakat yang luar biasa. Dinas Pariwisata kita sudah mengambil satu langkah, masterplan ini sudah kita diskusikan untuk bersama bersinergi mendukung wisata Watu Lumpang, Banyuurip dan Kali Oyo,” imbuh Joko

Soft Opening Potensi Wisata Jatimulyo ini dilaksanakan selama dua hari sejak 3-4 Agustus 2024. Acara ini juga diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti pertunjukan seni, bazar produk lokal hingga senam sehat. Hal ini bertujuan untuk mengenalkan kekayaan budaya dan potensi ekonomi kreatif yang ada didaerah tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Harga Avtur di Indonesia Termahal di Asean, Ini Tanggapan Menhub

News
| Selasa, 10 September 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement