Advertisement

Empat Bidang Tanah Milik Pemkab Kulonprogo Dipinjamkan ke SPAM Kamijoro

Triyo Handoko
Kamis, 08 Agustus 2024 - 22:57 WIB
Maya Herawati
Empat Bidang Tanah Milik Pemkab Kulonprogo Dipinjamkan ke SPAM Kamijoro Ilustrasi instalasi air bersih / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Sebanyak empat bidang tanah milik Pemkab Kulonprogo dipinjamkan ke untuk proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kajiro total luasnya 16.290 meter persegi. Tanah belasan ribu meter persegi itu untuk menunjang pengembangan SPAM Kamijoro agar makin menguntungkan masyarakat Bumi Binangun.

Bidang pertama tanah yang dipinjamkan itu berada di Kalurahan Sidorejo, Kapanewon Lendah seluas 672 meter persegi yang diperuntukan untuk bangunan penampung air bersih.

Tanah kedua berada di Kalurahan Tuksono, Kapanewon Sentolo yang digunakan untuk reservoir pengolahan air bersih seluas 1.743 meter persegi.

Advertisement

BACA JUGA: Veddriq Kalahkan Atlet China, Medali Emas Pertama Indonesia Didapat dari Panjat Tebing


Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kulonprogo mencatat tanah bidang ketiga berada di Kalurahan Sidorejo, Lendah yang digunakan untuk reservoir seluas 3.150 meter persegi. Bidang tanah terakhir yang dipinjamkan berada di Kalurahan Tuksono, Sentolo dengan luas 10.770 meter persegi digunakan untuk instalasi pengelolaan air oleh SPAM Kamijoro.

Kepala Bidang Aset BKAD Kulonprogo, Rr. Nurwati menjelaskan peminjaman itu berlaku hingga lima tahun ke depan. "Dipinjam sampai 2028, setelah itu akan dilakukan peninjauan lagi," jelasnya.

Nurwati menjelaskan peminjaman aset Pemkab Kulonprogo itu sudah terlindungi melalui perjanjian kerja sama dan berita acara. "Harapannya dengan peminjaman ini pengelolaan SPAM Kamijoro makin maksimal sehingga hasil keuntungannya juga secara luas dinikmati masyarakat Kulonprogo," ungkapnya.

Peminjaman aset Pemkab Kulonprogo ini juga sudah sesuai peraturan yang ada termasuk melibatkan DPRD dalam pengambilan keputusannya. "Aset yang dipinjamkan ini dinilai akan lebih produktif jika digunakan SPAM Kamijoro yang juga membutuhkannya untuk penunjang layanannya," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Didukung Koalisi Besar, RK-Suswono targetkan Menang Satu Putaran di Pilgub Jakarta

News
| Senin, 16 September 2024, 22:17 WIB

Advertisement

alt

Kota Jogja Masih Jadi Magnet Wisatawan

Wisata
| Minggu, 08 September 2024, 11:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement